Asal Muasal Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2017!

0
346
Hari Tanpa Tembakau Sedunia
Copyright©idaijogja

Asal Muasal Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2017!

Indowarta.com– Yang memperkenalkan pertama kali Hari tanpa tembakau sedunia ini adalah organisasi kesehatan dunia atau yang disebut dengan WHO. Agar masyarakat dunia ini tahu masalah dan juga komplikasi mengunyak atau merokok tembakau, peringatan ini masihi terus digaungkan setiap tanggal 31 Maret.

baca juga : Berita Terkini: Inget Ya . .Jamur Ini Ternyata Terbukti Mampu Hentikan Kecanduan Merokok Lho !

WHO sendiri juga sangatlah berharap agar dengan peringatan ini bisa menyadarkan dan juga memberikan dorongan kepada orang untuk mengurangi atau bahkan menghentikan mengkonsumsi tembakau di dalam bentuk apapun di seluruh dunia ini. Tidak ketinggalan juga bahwa peringatan hari tanpa tembakau sedunia ini juga membawa pesan bahaya penggunaan tembakau dan juga komplikasinya.

Penggunaan tembakau ini telah membunuh setidaknya 10 juta orang di dunia setiap tahunnya. Sementara itu penggunaan tembakau di seluruh dunia ini telah mencapai 1,3 miliar. Setidaknya kita bisa mengendalikan sebanyak 100 juta kematian dini dengan mengurangi penggunaan tembakau sebesar 20 hingga 25 persen pada tahun 2020 mendatang.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia
Copyright©googleusercontent

Berdasarkan statistik, telah tercata kruang lebih sebanyak 37,6 persen penurunan jumlah perokok pada tahun 1955, sedangkan pada tahun 2016 ini sebanyak 29,8 persen. Pada tahun 1987, WHO telah mengawali resolusi mereka melalui WHA40.38 dengan merayakan acara yang disebut dengan hari tanpa tembakau sedunia.

Lalu dicanangkan hari tanpa tembakau sedunia pada 31 Mei. Pecanangan tersebut bertepatan dengan ulang tahun WHO yang ke 40 pada tanggal 7 April 1988. Sebelumnya peringatan hari tanpa tembakau ini sudah diselenggarakan oleh negara anggota WHO.

baca juga : Awas. .Asam Lambung Berlebih Bisa Picu Gigi Berlubang Lho!

WHO mencanangkan resolusi lain WHA42.19 pada tahun 1988 untuk merencanakan hari tanpa tembakau seduni setiap tanggal 31 Mei. Untuk menarik perhatian masyarakat mengenai masalah penggunaan temabakau global dan juga mendorong dunia internasional, mereka pun membentuk sebuah program Tobacco Free Initiative (TFI).

Lalu pada tahun 2003, WHO juga telah menggiatkan WHO Framework Convention on Tobacco Control (WHO FCTC) yakni kesepakatan kebijakan untuk menghentikan produksi tembakau. Selain itu WHO juga telah berupaya untuk melarang promosi, iklan dan juga sponsor tembakau pada saat perayaan hari tanpa tembakau sedunia pada tahun 2008 melalui kampanye pemuda bebas tembakau.

baca juga : 

Awas. .Es Teh Manis Tak Selalu Memberikan Kesegaran, Ada Bahayanya Juga Lho!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY