Ribuan Warga Yogya Direncanakan Siap Peringati Hari Lahir Pancasila Besok!

0
405
Hari Lahir Pancasila
Copyright©tribunjogja

Ribuan Warga Yogya Direncanakan Siap Peringati Hari Lahir Pancasila Besok!

Indowarta.com – Seluruh warga Indonesia akan memperingati peristiwa sangat penting yakni Hari Lahir Pancasila pada Kamis, 1 Juni 2017. Sejumlah warga pastinya telah bersiap-siap untuk memperingatai peringatan yang satu ini. Seperti yang dilakukan oleh ribuan warga Yogyakarta yang juga akan siap melakukan peringatan kali ini.

Mereka terdiri dari sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) serta komunitas dan aktivis yang tergabung dalam Gerkan Rakyat Pancasila (Gerak Pancasila). Warga Yogyakarta yang berjumlah ribuan ini telah siap untuk melakukan perayaan Hari Lahir Pancasila. Dan peryaan ini nanti akan dilakukan di kagungan Dalem Pagelaran Keraton Yogyakarta.

Hari Lahir Pancasila
Copyright©tribunnews

Acara sendiri nantjnya akan dimulai pukul 15.30 WIB hingga 17.30 WIB. Bukan hanya itu acara ini nanti juga akan dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Orang nomer satu di DIY tersebut nantunya akan menyampaikan orasi kebangsaanya.

Mengenai peringatan Hari Lahir Pancasila di Yogyakarta ini juga disampaikan oleh Widihasto Wasana Putra selaku ketua panitia penyelenggara. Menurutnya peringatan ini mempunyai arti penting untuk bangsa Indoensia. Terlebih lagi konsisi bangsa Indoensia saat ini yang carut marut karena perbedaan pendapat.

hari lahir pancasila
Copyright©nasional

Maka dari itu dengan peringatan hari lahirnya Pancasila ini diharapkan dapat mengingatkan bangsa Indoensia mengenai ideologi bangsa sesungguhnya. Widihasto mengatakan jika jika dengan peringatakan ini akan menumbuhkan kesadaran kolektif.

Menurutnya dengan itu akan menyadarkan jika bangsa Indoenesia mempunayai idelogi yang mendsari sekaligus mempersatukan bangsa yakni Pancasila. Menurut Hasto jika Pancasila sendiri merupakan suatu konsep yang dirancang sederhana namun sarat dengan makna didalamnya.

Sedangkan untuk acara peringataan Hari Lahir Pancasila di Yogyakarta sendiri akan dilakukan sore hari karena bertepatan dengan waktu berbuka puasa tiba. Hasto menjelaskan jika sejumlah kegiatan akan dilakukan untuk membangkitkan nasionalisme warga.

Kegiatan tersebut diantaranya menyanyikan lagu-lagu nasional atau kebangsaan. Kemudian dialakukan pembacaan teks Pancasila, namun pembacaan tersebut nantinya akan dilakukan oleh siswa pelajar sekolah dari lereng Gunung Merapi. Kemudian pembacaan Teks Undang-Undang Dasar 45 akan dilakukan oleh pelajar dari kawasan pantai selatan.

Dalam acara ini nanati juga dihadiri oleh matra TNI dan Polri serta seleuruh peserta termasuk Gubernur DIY akan duduk lesehan nantinya. Makna yang dapat diambil dari hal tersebut yakni memperkuat hubungan egaliter antra pemimpin dan rakyatnya.

baca juga : Inilah Permintaan dan Harapan Jusuf Kalla Di Hari Lahir Pancasila!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY