Sejarawan Ini Ungkap Alasan Kenapa Jokowi Jadikan 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila!

0
1524
Hari Lahir Pancasila
Copyright©tribunjogja

Sejarawan Ini Ungkap Alasan Kenapa Jokowi Jadikan 1 Juni Sebagai Hari Lahir Pancasila!

Indowarta.com – 1 Juni telah ditetapkan sebagai Hari Lahir pancasila. Untuk memperingati hari kelahiran Pancasila itu biasanya sekolah hingga instansi pemerintahan menggelar upacara bendera. Bahkan sejak 2016 lalu, Presiden Jokowi telah menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Sejak tahun 2006, Presiden Jokowi telah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Bangsa Indonesia pun secara resme memperingati hari Pancasila sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Asvi Warman Adam sebagai sejarawan mengungkapkan alasan jokowi menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Menurutnya, Jokowi ingin seluruh masyarakat Indonesia mengetahui asal-usul Pancasila yang menjadi ideology dan dasar negara Indonesia.

WAJIB BACA :  Yusril Beri Saran Ke Jokowi Gunakan Hak Abolisi dalam Kasus Habib Rizieq Shihab!
hari lahir pancasila
Copyright©Setkab

Asmi juga menjelaskan, penetapan Hari Lahir Pancasila ini merupakan suatu hal yang sangat dinantikan sejak 47 tahun silam. Paalnya, pada pemerintah Orde Baru melarang adanya peringatan hari kelahiran Pancasila.

Peneliti LIPI tersebut menuturkan, sesungguhnya Pancasila telah disahkan pada 18 Agustus 1945. Namunj rangkaian pembuatan rumusan Pancasla sehingga menjadi lima poin seperti sekarang ini, ditentukan 1 Juni hingga 18 Agustus 1945.

Sementara itu, tanggal 18 Agustus sitetapkan sebagai hari konstitusi, hari lahirnya UUD tahun 1945. Itu sebabnya 1 Juni dikatakan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Dalam sejarahnya, pada 1 Juni 1945, Ir Soekarno membacakan pidato dalam sidang badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pidato tersebut menguraikan pikiran-pikiran tentang lima hal yang diusulkan menjadi dasar negara. Lima hal itu disebut Pancasila.

WAJIB BACA :  Yusril Beri Saran Ke Jokowi Gunakan Hak Abolisi dalam Kasus Habib Rizieq Shihab!

Sedangkan untuk tema Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 atau tepat jatuh pada hari Kamis ini adalah ‘Saya Indonesia, Saya Pancasila’. Upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila juga dilaksanakan di halaman Gedung pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, dengan Presiden Jokowi selaku inspektur Upacara.

Tak hanya itu, upacara juga akan dilaksanakan di setiap kantor instansi pemerintah baik pusat, daerah maupun kantor perwakilan Indonesia yang berada di luar negeri.

Selain tu juga diadakan pekan pancasila yang memiliki tujuan tertentu. Tunjuannya yakni untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat generasi muda bangsa Indonesia terhadap Pancasila.

Baca Juga Ribuan Warga Yogya Direncanakan Siap Peringati Hari Lahir Pancasila Besok!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY