Berita Terkini: Jaksa Sebut Uang Kasus Korupsi Siti Fadillah Mengalir Ke Rekening Amien Rais!

0
1094
Siti Fadillah Supari
Copyright©NET.Z

Jaksa Sebut Uang Kasus Korupsi Siti Fadillah Mengalir Ke Rekening Amien Rais!

Indowarta.com – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, terbukti menyalahgunakan wewenang dalam kegiatan pengadaan alat bukti kesehatan guna mengantisipasi kejadian luar biasa tahun 2005 lalu, pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan (PPKM) Departemen Kesehatan.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai Korupsi Siti Fadillah ini telah menyebabkan kerugian keuangan negara sekitar Rp 1,6 miliar. Dalam surat tuntutan jaksa, sejunmlah uang yang diterima ebagai keuntungan pihak swasta juga mengalir ke rekening mantan ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

Jaksa menilai dalam pengadaan alat kesehatan untuk mengatasi kejadian luar biasa tahun 2005 silam, Siti Fadillah membuat surat rekomendasi mengenai penunjukan langsung.

Baca Juga Panglima TNI Lakukan Koordinasi dengan KPK Bongkar Banyaknya Korupsi di Militer!

Selain itu ia juga meminta agar kuasa pengguna anggaran dan pejabat pembuat komitmen, Mulya A Hasjmy, menunjuk langsung PT Indofarma Tbk sebagai perusahaan penyedia barang dan jasa.

Siti Fadillah Supari
Copyright©Lingkaran News

Awalnya pada September 2005 lalu, Siti beberapa kali bertemu Dirut PT Indofarma Global Mediak dan Nuki Syahrun selaku Ketua Sutrisno Bachir Foundation (SBF). Nuki merupakan adik ipar dari mantan Ketua Umum PAN, Sutrisno Bachir.

Jaksa menilai, berdasarkan fakta persidangan, penunjuukan langsung yang dilakukan oleh Siti pada PT Indofarma merupakan bentuk bantuan Siti terhadap PAN. Pengangkatan Siti sebagai Menteri Kesehatan merupakan hasil rekomendasi Muhammadiyah.

Baca Juga Beberkan Soal Artikel Dugaan Korupsi, Akun FB Ini Langsung Kena Blokir!

Berdasarkan surat tuntutan jaksa, Nuki memerintahkan Sekretaris pada Yayasan SBF, Yurida Adlaini, untuk memindahbukukan sebagian dana keuntungan PT Indofarma kepada pihak-pihak yang memiliki kedekatan dengan Siti Fadillah, salah satunya yakni Amien Rais.

Menurut KPK, rekening Amien Rais telah menerima transfer uang sebanyak enam kali. Setiap kalitransfer, Amien menerima Rp 100 juta. Rekening Amien tercatatpertama kali menerima pada 15 januari 2007 lalu dan menerima terakhir pada 2 November 2007.

Terkait kasus korupsi Siti Fadillah, kini mantan Menteri Kesehatan ini dituntut enam tahun penjara oleh kPK dan dituntut membayar denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Dalam pertimbangannya, jaksa menilai kasus Korupsi Siti Fadillah ini tidak mendukung pemerintah dam masyarakat dalam memberantas korupsi. Ia malah menyebabkan negara mengalami kerugian akibat perbutannya.

Baca Juga Cici tegal Akui terima Cek Rp 500 Juta Dari Siti Fadilah yang Kini Ditetapkan Jadi Tersangka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here