Jika Mengalami Hal Ini, Ibu Hamil dan Menyusui Ini Wajib Batalkan Puasa Ramadhan Lho!

0
753
Copyright©deshebideshe

Jika Mengalami Hal Ini, Ibu Hamil dan Menyusui Ini Wajib Batalkan Puasa Ramadhan Lho!

Indowarta.com – Memang tidak ada larangan untuk berpuasa Ramadahan bagi ibu hamil dan menyusui. Namun dalam kondisi tertentu, keduanya perlu berhati-hati pada setiap gejala penyakit yang muncul tiba-tiba.

Seperti yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Diana F Suganda MKes, ibu hamil dan menyusui harus mengutamakan kondisi janin dan bayinya. Pasalnya hal ini akan mempengaruhi berat janin atau pertumbuhan di buah hati, oleh karena itu perhatikan juga asupan penting yang harus dikonsumsi ibu hamil dan menyusui ketika putuskan berpuasa ramadhan!.

WAJIB BACA :  Olahraga Kehamilan Bisa Jadi Solusi Mempermudah Proses Persalinan!

Khususnya pada trimester pertama kehamilan, wanita hamil dan diabetes gestasional, kehamilan ganda dan anemia perlu menjadi perhatian khusus. selain itu, jika ibu hamil dan menyusui mengalami mual, muntah, mata berkunang-kunang hingga jantung berdebar, sebaiknya batalkan puasa Ramadhan yang sedang dijalani.

Sang dokter juga mengatakan bahwa ASI adalah hak bayi untuk mendapatkan nutrisi. Maka dari itu, selama enam bulan pertama, ASI tetap harus diberikan secara ekslusif kepada buah hati.

ibu menyusui
Copyright©Abi Ummi

Sebenarnya masih ada cara agar ibu menyusui tetap bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Yakni dengan memompa ASI dan menyimpannya pada malam hari. namun hal ini sangat beresiko jika produksi ASI sedikit.

WAJIB BACA :  Olahraga Kehamilan Bisa Jadi Solusi Mempermudah Proses Persalinan!

Baca Juga Cegah Bau Mulut dengan Periksa Gigi Sebelum Ramadhan 2017 Yuuk!

Alangkah baiknya ya moms, sebelum memutuskan untuk berpuasa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here