Mendagri Akan Menyerahkan Surat Ahok Ke Djarot dan Mensesneg!

0
582
Surat Ahok
Copyright©detik

Mendagri Akan Menyerahkan Surat Ahok Ke Djarot dan Mensesneg!

Indowarta.com –  Surat Ahok kini tengah dinantikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melantik Djarot Saiful Hidayat menjadi Gubernur DKI. Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo saat dimintai konfirmasi oleh media.

Thajo Kumolo menjelaskan Djarot nantinya akan segera dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. Namun meskipunn demikian Djarot sendiri harus menunggu sikap jaksa mengenai ajuan banding Ahok dalam kasus penodaan agama.

Hal ini diungkapkan oleh Thahjo Kumolo saat ditemui di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Gambir, Jakarta Pusat pada Kamis 1 Juni 2017. Dia menuturkan jika Surat Ahok mengenai pengunduran dirinya sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.

‘Dengan surat pengunduran diri Ahok artinya mempunyai kekuatan hukum tetap. Dengan itu tak harus menunggu apakah jaksa akan melanjutkan banding atau tidak’ ujar Thahjo Kumolo.

Ahok-Djarot
Copyright©VOA Indonesia

Namun Mendagri sendiri memastikan jika Surat Ahok mengenai pengunduran diri tersebut harus juga sudah melewati DPRD DKI. Namun hingga kini Thahjo sendiri belum memastikan apakah surat pengunduran diri Ahok sudah sampai di Kementriannya atau belum.

Jika nantinya surat pegunduran diri tersebut sudah sampai di Kemendagri maka surat tersebut akan diteruskan ke Presiden Jokowi melalui Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg). ‘Surat sudah sampai dan sudah diputuskan oleh DPRD DKI. Mudah-mudahan surat itu segera sampai ke kami dan nantinya akan segera kami serahkan ke Pak Mensesneg untuk segera dikeluarkan Keppres diberhentikannya Ahok’ ujar Thahjo.

Semenara itu untuk pelantikan Djarot sebagai Gubernur DKI sendiri Thahjo belum bisa memastikannya. Dia mengatakan jika pelantikan tersebut nantinya tergantung dengan jadwal Presiden Jokowi . Sedangkan tempat pelantikannya yakni bisa dilakukan di Istana Kepresidenan atau bisa di Balai Kota Jakarta.

Sedangakan Surat Ahok menegnai pengunduran diri sebagai Gubernur DKI Jakarta sudah dibacakan dalam rapat istimewa DPRD DKI pada Rabu, 31 Mei 2017 kemarin. Kemudian mengenai pelantikan Gubernur DKI yang baru akan diserakan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

Pimpinan DPRD DKI, Mohammad Taufik berharap pelantikan Djarot bisa dilaukan secepatnya. Namun meskipun begitu Djarot nanti akan dilantik oleh Presiden Jokowi setelah dikeluarkannya Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pemberhentian Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

baca juga : Bakal Jadi Gubernur DKI Gantikan Ahok, Djarot Lakukan Persiapan Ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here