Berita Terkini: Serangan Udara Filipina di Marawi Salah Sasaran, 19 Tentara Tewas!

0
1161
Marawi
Copyright©cloudinary

Berita Terkini: Serangan Udara Filipina di Marawi Salah Sasaran, 19 Tentara Tewas!

Indowarta.com- Serangan udara militer Filipina di Marawi ini telah salah sasaran. Alih-alih melancarkan serangan kepada militan Maute, yang terjadi justru korban tentara sendiri. Berdasarkan dari keterangan dari pemerintah setempat, serangan itu telah membunuh sebanyak 10 orang tentara. Sementara itu tujuh tentara lainnya telah menderita luka.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana, Inquirer pada hari Kamis 1 Juni 2017 ini telah mengatakan “Satu kelompok militer kami terkena serangan udara, 10 orang tewas”. Lorezana telah menambahkan bahwa serangan udara yang dilancarkan oleh Filipina ini sebenarnya mencakup beberapa unsur penting termasuk juga presisi dan pengelompokan target.

Lorezana juga telah memastikan bahwa serangan ini sama sekalil tidak diarahkan ke warga sipil ataupun juga sandera dari kelompok Maute. Lorezana mengatakan “Ini menyedihkan tapi karena kekacauan dalam perang sesekali terjadi. Koordinasi tidak dilakukan dengan baik”.

Marawi
Copyright©Tempo

Komunitas internasiona dan juga Palang Merah ini dibuat khawatir mengenai kericuhan yang telah terjadi di dalam Marawi tersebut. Mereka pun meminta agar gencatan senjata ini segera dilakukan. Alasannya sangatlah jelas bahwa masih banyak warga sipil yang terjebak di tengah pertempuran yang terjadi di Marawi tersebut.

Deputi Kepala Palang Merah Filipina yakni Martin Thalmann ini telah mengatakan abhwa bagi warga sipil tentu saja di Marawi sangatlah mengerikan. Pihaknya berharap agar dua belah pihak ini bisa mencapai kesepakatan untuk membiarkan warga sipil keluar.

Sementara itu presiden Filipina yakni Rodrigo Duterte ini telah memberikan pengumuman bahwa darurat milliter di seluruh Mindanao. Sebanyak 89 militan telah meninggal dunia semenjak perintah tersebut diluncurkan.

Walaupun begitu, militan Maute yang terkait dengan ISIS ini pun telah mengklaim bahwa mereka sudah membunuh sebanyak 19 warga sipil di Marawi. Hingga saat ini total korban meninggal dunia di Marawi adalah sebanyak 139 orang. 31 orang diantaranya merupakan tentara Filipina termasuk juga mereka yang gugur akibat salah sasaran yang terjadi kali ini.

baca juga : 

Tentara Filipina Klaim Rebut 90 Persen Marawi Dari Pemberontak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here