Transaksi Bukalapak di Bulan Ramadhan 2017 Kali Ini Meroket Sampai 50 Persen!

0
425
Bukalapak
Copyright©Kumparan

Transaksi Bukalapak di Bulan Ramadhan 2017 Kali Ini Meroket Sampai 50 Persen!

Indowarta.com – Bulan suci Ramadhan dianggap menjadi momen emas bagi Bukalapak. Pasalnya transaksi belanja online di e-commerce tersebut meningkat berkali-kali lipat dari hari biasanya. Tercatat, transaksi bisa meroket hingga 50 persen per harinya.

Seperti yang disampaikan oleh CEO Bukalapak Achmad Zaky, dua momen paling besar yangmenyebabkan membengkaknya transaksi yakni Ramadhan dan hari belanja online nasional (Harbolnas) di penghujung tahun. Namun menurutnya, Ramdhan memiliki peningkatan yang paling signigfikan.

Menurut Zaky, di bulan Ramadhan perilaku pelanggan menurutnya masih sama. Namun pada tahun ini pelanggan belanja lebih banyak. Dari yang biasanya hanya lima kali sekarang bisa hingga belasan kali. Itu diambil dari rata-rata data perusahaan.

Baca Juga Pelajaran Berharga Dibalik ‘Tumbangnya’ Tokopedia, Bukalapak, dan JD.ID!

Jadi besarnya transaksi online ini kontribusinya dari planggan yang belanja semakin sering, bukan orang baru. Sebenarnya jumlah pelanggan yang berbelanja online masih berada pada angka yang tetap.

CEO Bukalapak
Copyright©Liputan6

Secara detail, Zaky mengatakan rata-rata transaksi berkisar di nominal Rp 300 ribuan. Saat ditanya berapa target dari Bukalapak di sepanjang bulan Ramadhan ini, ia menegaskan pihaknya tidak mematok sedikitpun aktivitas transaksi yang berlangsung pada momen ini.

Namun yang psti mengalami peningkatan hingga 50 persen. Kenaikan 50 persen ini berbeda dibandingkan hari biasa dan kenaikan ini lebih tinggi dari ramadhan tahun 2016 lalu. Ramadhan tahun ini meningkat tiga kali lipat dari tahun lalu.

Hal ini diduga saat bulan puasa konsumen lebih memilih untuk berbelanja online dan merasa malas untuk berbelanja fisik. Waktu tertentu berkisar antara subuh dan sehabis sahur. Untuk siang hari biasanya dilakukan pas jam makan siang.

Selain itu, momen Ramadhan ini juga dianggap Zaky sebagai salah satu cara untuk kembali merangkul lebih banyak pelanggan yang belum melakukan belanja online. Saat ditanya mengenai strategi yang dilakukan oleh Bukalapak, Zaky menjelaskan banyak cara yang dilakukan.

Namun menurutnya yang terpenting adalah memberikan faktor kepercayaan terhadap masyarakat terus meningkat. Sabar, menunggu watu, dan terus melakukan pemasaran menggunakan iklan kreatif di televisi.

Baca Juga Berita Terkini: Baru Dirilis, Nokia 6 Sudah Bisa Dibeli Melalui Tokopedia dan Bukalapak !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here