Kapan Pelantikan Djarot Jadi Gubernur DKI?

0
397
Djarot
Copyright©detik

Kapan Pelantikan Djarot Jadi Gubernur DKI?

Indowarta.com– DPRD DKI Jakarta ini telah menerima surat pengunduran diri dari Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa dengan nama Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tidak hanya itu saja, Dewan juga telah memberikan usul Djarot Saiful Hidayat untuk menjadi pengganti Ahok.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pelantikan Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini harus menunggu keputusan Presiden (Keppres). Surat ini baru bisa diterbitkan pada saat ada surat keputusan yang resmi dari DPRD DKI Jakarta terkait dengan persetujuan Djarot menggantikan Ahok.

Tjahjo usai Upacara Hari Pancasila di Gedung Pancasila, Jakarta pada hari Kamis 1 Juni 2017 ini telah mengatakan “Kami akan langsung menyerahkan kepada Pak Mensesneg untuk segera dikeluarkan Keppres pemberhentian Pak Basuki dan Keppres pengangkatan Pak Djarot sampai Oktober”.

Ahok Djarot
Copyrigth©Gozzip

Kader PDIP ini telah menjelaskan bahwa penerbitan Keppres ini terkait dengan pemberhentian Ahok dan juga pengangkatan Djarot Saiful Hidayat ini tidak perlu menunggu proses hukum yang tengah berjalan. Tjahjo mengatakan “Tanpa kami harus menunggu apakah Jaksa akan banding atau tidak. Dengan surat mundur Pak Ahok berarti sudah mempunyai kekuatan hukum tetap,”.

Tjahjo sendiri telah mengatakan bahwa proses penerbitan Keppres bisa cepat apabila surat dari DPRD DKI Jakarta yang sudah diserahkan ke Kemendagri. Pada saat Keppres terbit, maka tingagl menunggu waktu untuk pelantikan Djarot sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tjahjo mengatakan “Nunggu Keppres. Nanti akan dilantik apakah di istana atau Balai Kota”.

Sementara itu menurut Djarot, kursi DKI 1 yang akan didudukinya itu tidak terlepas di dalam sikap jiwa besar Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang telah dengan tulus mengundurkan diri dari Gubernur DKI Jakarta.

Djarot di Gedung DPRD DKI pada hari rabu 31 Mei 2017 mengatakan “Bukan masalah siap enggak siap (jadi Gubernur), tapi kita harus kasih apresiasi atas jiwa besar dari Pak Ahok (mundur),”. Menurut Djarot, sikap dari Ahok ini mencerminkan sosok yang negarawan yang tidak hanya mementingkan dirinya sendiri.

baca juga : 

Mendagri Akan Menyerahkan Surat Ahok Ke Djarot dan Mensesneg!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here