PAN Sebut Amien Rais Tak Urus Masalah Sepele Layaknya Kasus Alkes!

0
1025
Amien Rais
Copyright©Liputan6

PAN Sebut Amien Rais Tak Urus Masalah Sepele Layaknya Kasus Alkes!

Indowarta.com – Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais disebut telah menerima aliran dana dari terdakwa kasus pengadaan alat kesehatan Siti Fadillah. Namun tudingan keterlibatan Amien dalam kasus tersebut langsung dibantah oleh PAN.

Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap mengatakan bisa saja itu bersumber dari pengakuan sepihak dari yang bersangkutan. Menurutnya itu adalah sesuatu yang harus diuji kebenarannya. Ia yakin tidak ada hal-hal semacam itu.

Diketahui, jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat membacakan tuntutan trhjadap mantan Menteri Kesehatan tersebut menyebut bahwa Amien Rais telah menerima transfer dari Siti Fadillah sebanyak enam kali.

Setiap kali transfer, Amien dituding menerima uang sebesar Rp 100 juta. Uang terebut berasal dari Siti Fadillah sebesar RP 6,1 miliar, kemudian uang tersebut ditransfer ke sejumlah pihak, termasuk mantan ketua Umum PAN tersebut.

Amien Rais
Copyright©Kompasiana

Siti sendiri diyakini jaksa terbukti terlibat dalam kasus pengadaan alat kesehatan pada tahun 2005 dan 2007 lalu. kasus ini juga melibatkan oknum dari Sutrisno Bachir Foundation (SBF). Mulfachri mengatakan, mialkan ada aliran dana seperti yang telah disampaikan, ia yakin sumbernya bukan dari kejahatan.

Mulfachri menyatakan bahwa Amien Rais memang terbiasa memberikan dukungan terhadap masalah sosial. Maka dari itu, PAN tidak percaya jika Amien trlibat dalam masalah korupsi terkait dengan kasus alat kesehatan tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Waketum PAN Taufik Kurniawan. Dia membantah Amien Rais menerima aliran dana yang terkait dengan urusan korupsi alat kesehatan.

Wakil Ketua DPR ini menyatakan masih belum begitu memahami bagaimana nama Amien bisa terseret dalam kasus ini. namun Taufik menyebut Amien sama sekali tidak pernah berurusan dengan masalah bisnis.

Dia menganalogikan, Amien memiliki yayasan pendidikan yang sudah dirintis jauh sebelum rformasi. Taufik mengatakan, untuk urusan bisnis pribadi, Amien juga tidak mengurusnya sendiri.

Sebagai tokoh reformasi, Amien Rais dipastikan sebagai tokoh yang tidak tolran terhadap masalah korupsi. Taufik juga meyakini orang-orang yang terlibat dalam yayasan pendidikan Amien Rais tidak ada yang terlibat dengan kasus alkes tersebut.

Baca Juga Berita Terkini: Disebut Terima Duit, Amien Rais Anggap Ini Blessing In Disguise!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here