Begini Cara Melihat Hasil Ujian Nasional (UN) SMP 2017 Secara Online!

0
6687
Ujian Nasional
Copyright©pojoksatu

Begini Cara Melihat Hasil Ujian Nasional (UN) SMP 2017 Secara Online!

Indowarta.com – Kali ini dihadirkan sejumlah cara praktis untuk melihat Hasil Ujian Nasional SMP maupun hasil ujian SMA/SMK pada tahun ini.  Mencari tahu mengenai hasil ujian merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyak bahkan seluruh pelajar setelah menempuh ujian tersebut.

Kini hasil ujian nasional (UN) untu SMP maupun SMA bisa dilakukan dengan cara online. Hal tersebut karena sejak tahun pelajaran 2014/2015 pemerintah melaui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyediakan website yang digunakan untuk lihat pengumunan  hasil ujian secara lengkap di media online.

Nampak website yang disediakan tersebut menyediakan laporan lengkap mengenai hasil ujian nasional mulai dari data statistic, daftar hasi UN, grafis dan daya serap. Maka dengan tersedianya laman online ini akan memeprmudah pelajar untuk melihat hasil ujian yang sudah mereka lakukan.

Pada halaman wibsite ini ketika dibuka akan namapak pilihan menu Home, Statistik, Grafik, Daftar dan juga Daya Serap. Untuk masuk dalam kolom statistik hanya perlu mengisi sejumlah kolom mulai dari pilih tahun pelajaran, tetntukan tingkat (SMP/SMA/SMK), Pilih wilayah (nasional/provinsi/kab atau kota), tentukan ujian, pilih jenis sekolah, dan pilih status sekolah.

Kisi-Kisi Ujian Nasional
Copyright©KeraKatob – Blog Mas Tedy

Kemudian untuk melihat Hasil Ujian Nasional SMP atau lebih tepatnya melihat rangking ujian SMP/SMA  dapat mengeklik pilihan menu Daftar. Untuk langkahnya sama denagn seperti masuk pada kolom statistik. Kemudian setelah selesai mengisi klik perintah cetak atau download file exel tersebut.

Sedangkan untuk masuk ke dalam kolom daya serap hasil ujian nasional SMP/SMA caranya hampir sama hanya cukup mengisi sejumlah kolom yang tersedia. Mulai dari tahun pelajaran, tingkatan wilayah, provinsi/kabupaten/kota, dan memilih jenis analisis serta jenis laporan.

Sedangkan penentuan Hasil Ujian Nasional SMP sendiri juga diatur daam Pemendikbud nomer 5 tahun 2015 pasal 5. Pertama jika kelulusan SMP/Mts maupun SMA/MA/SMK/SMTK ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan yang berangkutan dalam rapat dewan guru.

Sedangkan siswa sendiri juga harus memnhi kriteria kelulusan yang sudah dirtetapkan pada Permendikbud nimer 5 tahun 2015 pasal 2. Diataranya dinyatakan lulus setelah menyelesaikan program pembelajaran, memperoleh nilai sikap minimal baik (B) dan lulus ujian sekolah.

baca juga :  Berita Terkini: Pesan Mendalam yang Disampaikan Oleh Mendikbud Dalam Pelaksanaan Ujian Nasional Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here