Afi Nihaya Dituding Plagiat Tulisan Mita Handayani, Begini Fakta Kebenarannya!

0
2568
Afi Nihaya
Copyright©Maknawi

Afi Nihaya Dituding Plagiat Tulisan Mita Handayani, Begini Fakta Kebenarannya!

Indowarta.com – Beredar pesan berantai yang isinya tentang tuduhan plagiarisme yang dilakukan oleh remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur, Afi Nihaya Faradisa.

Dalam pesan berantai tersebut, Afi Nihaya, remaja yang dikenal dengan tulisan-tulisannya yang bernas, dituding telah melakukan plagiarisme dari akun Facebook Mita Handayani.

Diunggah ke akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, tulisan berjudul ‘Belas Kasih Dalam Agama Kita’ itu dinilai mengutip tulisan Mita Handayani, yang disebut telah menulis pada 30 Juni 2016.

Pesan berantai tersebut juga disertai dengan tangkapan layar yang menyandingkan antara tulisan Afi Nihaya yang berjudul ‘Belas Kasih dalam Agama Kita’ dengan tulisan Mita yang kabarnya ditulis oleh akun Mita Handayani yang berjudul ‘Agama Kasih’.

WAJIB BACA :  Viral di FB, Wanita Ini Gores Tangan dan Lehernya dengan Pisau Berulang Kali Tak Keluarkan Darah!

Salah seorang netizen bernama Pringadi Abdi Surya, sempat membuat analisa panjang yang meragukan tulisan Afi tersebut. ia njuga menautkan satu link yang merujuk ke link tulisan Mita Handayani. Namun saat di klik, link tersebut tidak dapat dibuka.

Afi Nihaya
Copyright©Facebook

Analisa Pangadi diragukan banyak pihak. Salah seorang netizen, Marius menanggapi tulisan tersebut. Ia menyebut tulisan Pringadi meski tidak langsung telah menuduh Afi plagiat. Namun tulisan itu memiliki tone untuk mempengaruhi orang.

Tanpa berpanjang lebar, Marius mengatakan bahwa sceenshoot yang digunakan sebagai dasar penulisan tersebut palsu. Benar saja, saat diklik link Facebook Mita Handayani, tidak ditemukan satu pun tulisan yang mirip dengan tulisan Afi.

WAJIB BACA :  Viral di FB, Wanita Ini Gores Tangan dan Lehernya dengan Pisau Berulang Kali Tak Keluarkan Darah!
Mita Handayani
Copyright©Facebook

Link yang ditautkan malah mengarah ke postingan berjudul Lampu Sang Khalifah, yang di posting pada 30 Juni 2016 lalu, sebagaimana yang dijadikan dasar tuduhan terhadap Afi. Marius menyatakan bahwa tudngan Afi plagiat itu adalah palsu.

Namun setelah beberapa menit, akun Mita membuat klarifikasi bahwa tulisan Afi memang identik degan tulisan yang pernah diposting olehnya. Dalam postingannya itu, Mita memaklmi apa yang dilakukan Afi.

Meski begitu, Marius meminta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita yang tersebar melalui aplikasi perpesanan. Lalu dengan mudahmenyebarkannya tanpa mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya.

Tuduhan Afi plagiat itu langsung dibantah tegas oleh Afi Nihaya sendiri. Bahkan ia mengaku belum mengetahui soal tudingan tersebut. Hingga kini, kontroversi tuduhan plagiarism masih menjadi perdebatan netizen.

Baca Juga Bahagianya Afi Nihaya Saat Bertemu dengan Presiden Jokowi di Hari Lahir Pancasila!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here