Asupan Penting yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui Ketika Putuskan Berpuasa Ramadhan!

0
1027
ibu hamil
Copyright©SINDO

Asupan Penting yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui Ketika Putuskan Berpuasa Ramadhan!

Indowarta.com – Saat ini kita telah memasuki bulan suci Ramadhan. Bagi umat muslim, mereka akan menjalankan salah satu kewajibannya, yakni puasa Ramadhan. Lalu bagaimana bagi ibu hamil dan menyusui?

Tenang, bagi ibu hamil dan menyusui, mereka mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa. Agama telah memberikan kelonggaran untuk mereka yang mengandung maupun menyusui. Tapi jika tetap ingin berpuasa juga tidak ada yang melarang, namun juga perlu dilihat kondisinya dan ingat prioritas, akan tetapi jika mengalami hal ini, ibu hamil dan menyusui ini wajib batalkan puasa ramadhan lho! jadi jangan dipaksakan ya para ibu yang sedang hamil, kasihan kaan karena anak juga perlu diutamakan.

Bagi yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa, dr Diana F Suganda MKes SpGK menyarankan untuk memperhatikan asupan agar tidak kekurangan nutrisi saat menjalankannya. Seperti hanya mengkonsumsi karbohidrat kompleks yakni oarmeal dan nasi merah yang sulit dicerna sehingga akan merasa kenyang lebih lama.

Cara tersebut diklaim data mengembalikan nutrisi yang berkurang saat berpuasa selama 14 jam. Saat sahur, alangkah baiknya ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi protein dilebihkan sebagai cadangan tenaga di siang hari, untuk mencari referensi anda bisa simak pembahasan tentang menu makanan sehat ketika buka puasa sampai sahur! berikut.

Ibu hamil dan menyusui
Copyright©Ist

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan serat, moms juga harus mengonsumi sayur dan buah. Selain itu yang perlu diperhatikan yakni, menghindari makanan berlemak saat sahur. Pasalnya makanan jenis ini paling lama di tubuh sehingga bisa mnyebabkan rasa mual dan kembung.

Untuk minum air pas sahur sebaknya sebanyak dua sampai tiga gelas ya moms, yang 250 cc. jadi minumnya pas bangun tidur, saat makan dan menjelang imsak.

Nah untuk berbuka puasa, ibu hamil dan menyusui wajib mengkonsumsi buah kurma. Pasalnya buah berwarna coklat ini dinilai daoat membantu menaikkan gula darah yang turun saat berpuasa dengan cepat.

Ketahui Juga : Sering Mengalami Gusi Berdarah Saat Hamil, Normal ?

Perlu diingat, saat berpuasa juga hindari makanan berlemak seperti kolak, karena perut masih dalam keadaan kosong dan itu akan membuat perut menjadi merasa begah.

Selanjutnya, moms  bisa mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Untuk air utih, diusahakan untuk meminum hingga total 10 sampai 12 gelas setiap harinya. Untuk waktunya, itu terserah Anda bagaimana mengaturnya.

pas mau tidur, konsumsi makanan atau snack seperti susu atau kacang rebus. Meski begitu, ditekankan kepada ibu hamil dan menyusui untuk berkonsultasu terlebih dahulu ke dokter sebelum menjalankan ibadah puasa. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai risiko.

Baca Juga: Jika Mengalami Hal Ini, Ibu Hamil dan Menyusui Ini Wajib Batalkan Puasa Ramadhan Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here