Berita Hari Ini : Dipicu Adanya Napi yang Gantung Diri, Kerusuhan di Lapas Banceuy Bandung Hanguskan Dua Mobil !

0
1425
lapas banceuy

Berita Hari Ini : Dipicu Adanya Napi yang Gantung Diri, Kerusuhan di Lapas Banceuy Bandung Hanguskan Dua Mobil !

indowarta.com– Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan bahwa kerusuhan yang terjadi di lapas Banceuy, Kota Bandung, Jawa Barat pada hari Sabtu ┬ápagi dipicu karena isu terbunuhnya seorang narapidana. Yosana mengatakan bahwa pada hari kemarin para napi diberi kesempatan untuk menghirup udara segar diluar sel di dalam kompleks lapas.

Pada saat itulah ada petugas yang curiga dengan salah satu napi yang memegang plastik hitam. Hal tersebut membuat petugas mengikuti gerak gerik napi itu. Ketika napi tersebut ke toilet, petugaspun menggeledahnya. Namun dalam penggeledahan tersebut petugas tidak menemukan apa-apa.

Tak hanya itu, petugas juga menggeledah sel tahanan tempat napi tersebut. Terdapat tujuh napi dalam sel tersebut. Semua napi tersebut juga dites urine. Hasilnya satu orang positif menggunakan narkoba. Napi yang memegang plastik tadi didtarik keluar. Dia tidak mengaku, maka dari itu mereka diisolasi dalam sel khusus.

lapas banceuy

Pada malam harinya, seorang tahanan yang terisolasi tersebut melakukan aksi bunuh diri dengan cara menggantungkan lehernya. Kemudian petugas lapas memanggil polisi untuk melakukan pemeriksaan.

Kemudian pada pagi harinya, menyebar isu bahwa napi tersebut dibunuh. Lalu terjadilah kebaikaran di lapas tersebut. Karena kebakaran tersebut, bagian depan lapas hangus terbakar. Dua kendaraan roda empat dan dua kendaraan sepeda motor juga dimakan oleh sijago merah.

Batu-batu juga berserakan di dalam kompleks lapas. Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang berkobar di lokasi tersebut.

Hingga saat ini masih belum diketahui apa yang menyebabkan kebakaran tesebut terjadi. Kepala Lapas Banceuy Bandung Agus Irianto mengatakan bahwa sebelum kebakaran terjadi, sempat terjadi aksi pelemparan batu oleh para napi. Diduga, dari gerombolan tersebut ada yang sengaja membakar kantor menggunakan korek api.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Jawa Barat, Agus Toyib menyebutkan bahwa lapas Banceuy, Bandung menampung sekitar 800 narapidana yang terjerat kasus narkoba. Saat ini keadaan lapas Banceuy sudah kembali kondusif.

baca juga :

Berita Terbaru : Setumpuk Berkas Kasus Mirna Diserahkan Ke Kejati, Hasil Akan Diumumkan 14 Hari Lagi !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here