Mulai Hari Ini, Suku Bunga Kartu Kredit Turun, Begini Untung Rugi Yang Bisa Didapatkan!

0
184
Bunga Kartu Kredit
Copyright©topic

Indowarta.com – Kali ini Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan aturan baru untuk seluruh bank untuk menurunkan bunga kartu kreditnya. Keputusan penurunan Bunga Kartu Kredit tersebut diambil berdasarkan sejumlah pertimbangan dari BI sendiri.

Dengan penurunan Bunga Kartu Kredit ini tentunya mejadi angin segar bagi pegguna kartu kredit. Hal tersebut karena dengan bunga kartu kredit diturunkan akan membuat cicilan penggunanya semakin ringan. Mengenai hal ini telah disampaiakan melli Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No.18/33/DKSP.

Nampak dalam surat edaran tersebut menyebutkan perihal perubahan keempat tentang penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit yang dimaksud yang kartu kredit yang terbit pada 2 Desember tahun lalu.

Aturan mengenai Bunga Kartu Kredit ini sendiri akan mulai berlaku pada Kamis, 1 Juni 2017 dan aktif pada hari ini Jumat, 2 JUni 2017. Seperti diketahui sebelunmnya bank sentral memberlakukan batas bunga kartu kredit yakni 2,5 persen per bulan dan 26,95 persen per tahunnya.

Bunga Kartu Kredit
Copyright©kumparan

Sedangkan kini diberlaukan batas atas bunga kartu kredit sebesar 2,95 pesen per bulan dan mencapi 35,4 persen pertahun. Mengenai penurunan suku bunga kredit ini juga ditanggapi oleh Asosiasi Kartu Kredit Indonesi (AKKI). Pihaknya mengatakan jika dengan penurunan suku bunga ini menunjukan jika pertumbuhan ekonomi Indonesia kini mulai membaik.

Hal tersebut disampaiakan oleh general Manager AKKI, Steve Marta saat ditemui pada Jumat, 2 Juni 2017. Dia juga mengharapkan dengan bersamaan turunnya suku bunga kredit dapat diikuti penurunan lainnya seperti suku bunga pinjaman bank.

‘Dengan itu menunjukan ekonomi membaik dan dengan ini suku bunga lain juga turun. Seperti suku bungan pinjaman bank menjadi 7-8 pesen dari semula 11-12 persen’ ujarnya.

Steve menjelaskan jika penurunan Bunga Kartu Kredit sendiri juga pernah dilakukan oleh Bank Indonesia. Saat itu BI menurunkan bunga kartu kredit pada tahun 2013 yakni 2,95  persen per bulannya dan penurunan kali ini dinggap sebagai lanjutan program sebelumnya. Sedangkan hingga kini tercatat jika kartu kredit yang beredar di seluruh wilayah Indonesia yakni 17,6 juta kartu. Sedangkan volume transaksi kartu kredit tercatat 80,6 juta senilai Rp 71,8 triliun pada bulan Maret 2017.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY