Inilah Alasan Kenapa Jaksa Tetap Ajukan Banding Kasus Ahok!

0
2507
ahok
Copyright ©liputan6

Inilah Alasan Kenapa Jaksa Tetap Ajukan Banding Kasus Ahok!

Indowarta.com – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengungkapkan, upaya banding yang diajukan jaksa penuntut umum (JPU) dalam perkara penodaan agama berbeda tujuan dengan yang dilakukan oleh tim pengacara Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Seperti yang telah diketahui, tim pengacra Ahok mencabut gugatan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Jika tujuan dari pihak Basuki dia mengharapkan pembelaan untuk keringanan atau pembebasan. Kalau jaksa kepentingannya lain, yakni kepentingan hukum.

Menurut Prasetyo, banding yang diiajukan oleh JPU guna membuktikan pasal 156a KUHP yang digunakan oleh majelis hakim untuk vonis Ahok.

Baca Juga Bakal Jadi Gubernur DKI Gantikan Ahok, Djarot Lakukan Persiapan Ini?

Selain itu ia menjelaskan, semua yang dituntut jaksa tentunya berdasarkan fakta persidangan. Tentu dengan keyakinan jaksa menyatakan yang terbukti adalah bukan penodaan agama, melainkan penodaan terhadap golongan masyarakat tertentu di Indonesia.

WAJIB BACA :  Ahok Sudah Dipindahkan Ke Lapas Cipinang!
Ahok
Copyrigth©Tempo

Diketahui, majelis hakim memvonis Ahok lebih berat dari tuntutan jaksa yang hanya menuntut terdakwa dengan hukuman 1 tahun penjara engan masa percoban 2 tahun. Setelah vonis tersebut. mantan Bupati Belitung Timur itu dan tim pengacaranya semat berencana mengajukan banding.

Namun belakangan, niat untuk mengajukan banding tersebut urung dilakukan. Mereka pun mencabut gugatan bandingnya. Pencabutan banding ini diampaikan Ahok melalui surat yang dibacakan oleh sang istri, Veronica Tan beberapa waktu lalu.

Baca Juga Menelisik Langkah Mundur yang Dilakukan Ahok Dari Kursi 1 DKI!

Veronica sendiri enggan berkomentar tentang rencana Kejaksaan Agung yang tetap akan mengajukan banding terhadap putusan Majelis hakim Pengadilan negeri Jakarta Utara atas perkara dugan penodaan agama itu.

WAJIB BACA :  Ahok Sudah Dipindahkan Ke Lapas Cipinang!

Ada beberapa alasan mengaja jaksa penuntut umum perkara Ahok mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

“Saya katakan sekali lagi di sini bahwa banding harus diajukan karena terdakwa banding. Itu menjadi SOP kita, jaksanya banding,” kata Prasetyo.

Alasan kedua yakni, JPU ingin menguji pasal mana yang lebih tepat bila memang harus diterapkan dalam perkara Ahok. Apalagi vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim terhadap pria berusia 50 tahun ini lebih berat dari tuntutan JPU.

Pakar hukum tata negara, Yusril Ihza mahendra, menilai saat ini nasib Basuki berada di tangan Kejaksaan Agung. Pasalnya saat ini keluarga Basuki telah mencabut pengajuan banding.

Baca Juga Mendagri Akan Menyerahkan Surat Ahok Ke Djarot dan Mensesneg!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY