Ketika Bangunan Liar Kembali Menghuni Seberang Kalijodo!

0
581
Kalijodo
Copyright©kompas

Ketika Bangunan Liar Kembali Menghuni Seberang Kalijodo!

Indowarta.com– Bangunan Liar semi permanen ini telah kembali memadati kawasan koong tol Puit di Kelurahan Penjagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Tepatnya kolong itu berada di seberang RPTRA Kalijodo.

baca juga : BERITA TERKINI: RENCANA SANDIAGA UNO MASUKKAN PREMAN KALIJODO DI OKE OCE!

Kebanyakan bangunan itu pun terbuat dari triplek namun sudah berlantaikan semen dan juga keramik. Bangunan itu telah berderet menjadi tiga barisan. Rata-rata bangunan semi permanen ini pun berbentuk gubuk dan berukuran mulai dari 3×3, 3×4 hingga ukuran 3×5 meter persegi.

Namun ada juga beberapa bangunan yang sebagian dindingnya ini sudah terbuat dari batako. Jalan di depan gubuk itu pun tidaklah ber aspal. Ada pula bangunan liar yang sudah difungsikan sebagai warung di sana.

Kalijodo
Copyright©kompas

Berdasarkan dari keterangan juru parkir RPTRA Kalijodo, dirinya telah menyebutkan bahwa pada malam hari warung di kolong Tol Pluit ini telah berubah menjadi kafe atau warung remang-remang. Menurut pria yang tidak ingin disebutkan identitasnya ini, warung itu telah menjual berbagai minuman mulai dari minuman bersoda hingga minuman yang mengandung alkohol seperti bir.

baca juga : Berita Terkini: Polisi Beberkan Isi Flashdisk Sri Bintang Pamungkas, Ada Pertemuan Di Kalijodo !

Pria yang tidak ingin disebutkan identitasnya ini mengatakn “Ada ceweknya juga kalau malam di situ. Kalau Mas mau minum-minum sekalian ditemenin cewek nanti malam ke kolong (Tol) aja,”. Sebenarnya bagnungn liar ini bukanlah yang pertama kali terjadi di sana. Pada tahun 2016 yang lalu juga sempat berdiri bangunan liar yang telah berdiri di tempat yang sama juga.

Warga setempat kemudian telah membongkar bangunan mereka sendiri setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini menertibkan kawasan Kalijodo. Namun ternyata pada saat ini bangungn itu telah berdiri kembali di kawasan tersebut.

Terkait dengan hal itu, Kepala Satpol PP DKI Jakarta yakni Jupan Royter ini mengaku bahwa pihaknya sudah menerima perintah dari Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta yakni Djarot Saiful Hidayat untuk bisa menertibkan bangunan liar di kolong tol sebesar RPTRA Kalijodo itu.

Terkait hal ini, Jupan memilih untuk menempuh jalur persuasif terlebih dahulu. Jupan di Lapangan Silang Monas Selatan pada hari Kamis 1 Juni 2017 ini telah mengatakan “Kita tetap tegas tapi kita juga enggak mau main langsung hantam. Memang salah mereka, tapi kita persuasif lah”.

baca juga : 

Beda Cara Ahok Djarot dan Anies Sandiaga Saat Tangani Kalijodo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here