Catat Ya, Prediksi Puncak Arus Mudik Tahun 2017!

0
570
mudik

Catat Ya, Prediksi Puncak Arus Mudik Tahun 2017!

Indowarta.com- Musim mudik 2017 ini ternyata sudah tidak terasa hanya tinggal hitungan hari saja. Pemerintah bersama dengan jajaran kepolisian ini dan juga Pertamina sudah memiliki prediksi mengenai puncak arus mudik yang akan diperkirakan jatuh pada tanggal 23 dan juga 2 JUni 2017.

baca juga : Arus Mudik Lebaran Diperkirakan Lancar, Disiapkan 10 Pintu Keluar Brexit!

VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito ini telah menegaskan bahwa prediksi puncak arus mudik pada saat ini secara hari dan juga skemanya kurang lebih sama dengan musim mudik pada tahun 2012 yang lalu.

Adiatma saat sesi diskusi di Universitas Pertamina Simprug, Jakarta Selatan pada hari Rabu 31 Mei 2017 ini telah mengatakan “Kalau melihat dari harinya sama seperti pada 2012 lalu, dimana Lebaran jatuh pada Minggu dan Senin. Perhitunggan ini sama dengan prediksi dari pihak perhubungan dan kepolisian, yakni pada H-2 atau antara Jumat dan Sabtu”.

Sementara itu untuk arus balik pada tahun ini, Adiatma telah menjelaskan bahwa tidak akan berlangsung secara serentak. Hal ini dikarenakan oleh hari libur anak sekolah yang bisa dibilang relatif panjang.

Adiatman menjelaskan “Untuk arus ada potensi untuk terurai karena masa liburan anak sekolah cukup panjang. Prediksi kami arus balik akan terjadi pada H+5 dan H+6, yaitu pada Sabtu dan Minggu (1-2/7/2017),”.

Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pandu Yunianto telah menyampaikan informasi bahwa akan terjadi peningkatan pengguna sepeda motor pada prediksi puncak arus mudik kali ini. Terkait dengan hal tersebut, Pandu pun memberikan saran kepada para pemudik sepeda motor untuk bisa memanfaatkan fasiitas mudik gratis yang telah digagas oleh pemerintah dan juga BUMN.

baca juga : Berita Terkini: Sistem Ganjil Genap Tak Akan Diterapkan Saat Mudik?

Pandu menuturkan “Tahun kemarin (2016) 3,4 juta sepeda motor dari Jabodetabek, tahun ini prediksinya 4,6 juta, jadi ada kenaikan secara jumlahnya. Untuk solusi seperti yang kemarin sudah diinfokan, kita memberikan beberapa kemudahan dengan mudik gratis untuk sepeda motor. Ada beberapa alternatif, mulai dari darat, kereta, dan saat ini kita kuatkan jalur laut”.

baca juga : 

Tambah 6 Kereta Baru, PT KAI Jual Tiket Tambahan Mudik H-10 Lebaran!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here