Siap Siap, Mulai Senin, PPDB Jalur Non Akademik SMA/SMK Akan Dibuka!

0
1441

Siap Siap, Mulai Senin, PPDB Jalur Non Akademik SMA/SMK Akan Dibuka!

Indowarta.com –  Para siswa maupun siswi SMP/MTs yang igin melanjutkan pendidikn ke SMA/SMK harus besiap-siap mulai sekarang. Pasalnya Penerimaan Peserta Dididk Baru (PPDB) jalur non akademik akan segera dibuka pekan depan yakni Senin, 5 Juni 2017. Pada jalur PPDB ini akan menggunakan jalur jejaring tau online untuk mendaftar.

Mengenai akan dibukannya PPDB ini juga dijelaskan oleh Deden Saeful Hidayat selaku Kepala Seksi Kurikulum PMU Dinas Pendidikan Jawa Barat. Dia mengatakan jika telah dilakukan sosialisasi sebelumnya mengenai PPDB SMA/SMK pad Rabu, 31 Mei 2017 kemarin.

Terlihat dalam sosilisasi tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak perwakilan mulai dari Kepala Disdik Kab. Bandung Juhana, Ketua Komisi D DPRD Kabupten Bandung Teddy Surahman dan juga nampak Kepala SMA, SMK serta SM se-Kabupaten Bandung. Dalam acara tersebut membahas mengenai SMA/SMK yang akan dilakukan secara online penuh dan terbatas.

Maksud dari pernyataan online terbatas yakni para siswa SMP/MTs bisa langsung menuju ke sekolah yang akan dituju dan nantinya akan dibantu cara mendaftar melalu jejring yang sudah disediakan. Pihak sekolah sediri nantinya akan menyediakan perangkat komputer di tempat pendaftaran siswa.

PPDB
Copyright©pikiranrakyat

Deden saat itu menuturkan jika jalur PPDB nonakademik ini akan berlangsung selama 5 hari yakni mulai dari 6 Juni hingga 10 Juni 2017. Sedangkan untuk pengumuman diterima atau tidaknya siswa yang mendaftar akan disampaikan pada tanggal 16 Juni 2017 mendatang.

Sementara presentase yang disediakn untuk jalur akademik dan non akdemi SMA dan SMK cukup berbeda. Untuk SMA prosentase untuk siswa noakademik sebanyak 40 persen dan 60 persen untuk akademik. Sedangakan untuk SMK prosentase untuk nonakademik sebanyak 30 persen dan 70 persen untuk akademik.

Untuk  PPDB jalur prestasi sendiri akan mulai dibuka pendaftaran tanggal 3 Juli hingga 8 Juli 2017 dan pengumuman hasil akan disampiakan tanggal 10 Juli 2017. Jalur prestasi non akademik meliputi jalur prestasi olahraga, prestasi seni dan juga keagamaan. Syarat khusus jalur prestasi ini harus mencantumkan sertifikat asli bukan surat rekomendasi dari instasni terkait.

Jalur prestasi ini sendiri akan dilakukan sejumlah praktik untuk calon siswa mendaftar. Seperti prestasi keagamaan  nantinya ka diuji kemampuan siswa dan ada prestasi olahraga yang bisa dilakukan dengan praktik untuk mengetahui kebenaran sertifikat.

baca juga :  Ratusan Sekolah Di Bandung Dilibatkan Dalam PPDB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here