PPDB Jalur Non Akademik SMA/SMK Dibuka Mulai Senin!

0
1156
ilustrasi PPDB
Copyright©detik

PPDB Jalur Non Akademik SMA/SMK Dibuka Mulai Senin!

Indowarta.com – Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB jalur nonakademik akan dimulai Senin 5 Juni 2017 mendatang. Jadi untuk para alumni SMP/MTs yang akan melanjutkan pendidikan ke SMA/SMK harus bersiap mulai sekarang.

Diketahui, bahwa PPDB SMA/SMK saat ini menggunakan jalur dalam jaringan atau online. Sehingga calon siswa nantinya bisa mendaftarkan diri mereka dari rumah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Kurikulum PMU Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Deden Saeful Hidayat, saat sosialisasi PPDB SMA/SMK di aula SMPN 1 Ketapang, Rabu 31 Mei 2017 lalu.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Disdik Kab. Bandung Juhana, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bandung Teddy Surahman, dan para kepala SMA, SMK, dan SMP se-Kabupaten Bandung.

PPDB
Copyright©pikiranrakyat

Deden mengatakan penerimaan siswa baru SMA dan SMK se-Jawa barat akan dilakukan secara online penuh dan online terbatas. Maksud dari online terbatas yakni calon siswa bisa datang ke sekolah yang mereka tuju untuk dibantu masuk ke jaringan PPDB di ppdb.jabarprov.go.id.

Nantinya, pihak sekolah akan menyediakan perangkat komputer di tempat pendaftaran siswa. Untuk jalur nonakademik akan berlangsung dari 6-10 Juni dan pengumuman akan disampaikan pada 16 Juni.

Prosentase jumlah siswa nonakademik di SMA sebanyak 40 persen dan akademik 60 persen. Sedangkan SMK jalur nonakademik 30 persen dan jalur akademik 70 persen.

Untuk jalur prestasi calon siswa baru harus mencantumkan sertifikat asli bukan surat rekomendasi dari instansi terkait seperti KONI.

Sedangkan untuk jalur akademik dimulai dari 3-8 Juli dan pengumuman hasil akan disampaiakn pada 10 Juli. Menurut keterangan yang disampaikan Deden, pihak sekolah bisa mengadakan praktik untuk calon siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi.

Sedangkan untuk jalur non akademik terdiri atas jalur miskin, prestasi olahraga, prestasi seni dan keagamaan, serta jalur kerjasama. Untuk jalur miskin, harus mencantumkan surat keterangan tidak mampu yang ditandatangani oleh Kepala desa/lurah dan camat.

Sedangkan jalur akademik tetap menggunakan nilai UN SMP/MTs. Namun ada insentif zonasi kepada siswa yang mendaftar ke SMA/SMK yang dekat ke rumahnya.

Baca Juga Ratusan Sekolah Di Bandung Dilibatkan Dalam PPDB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here