Sudah 53 Hari, KPK Berharap Polri Tuntaskan Kasus Novel Baswedan!

0
615
Novel Baswedan
Copyright©Liputan6

Sudah 53 Hari, KPK Berharap Polri Tuntaskan Kasus Novel Baswedan!

Indowarta.com – sudah 53 hari, namun pengusutan kasus yang menimpa penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan juga belum menemui titik terang. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pihaknya berharap kepolisian segera mengusut tuntas kasus penyiraman air keras tersebut.

Kendati demikian, Febri menyebutkan kondisi kesehatan Novel yang kini mulai membaik. Ia menyebut kondisi kornea mata Novel sudah mulai stabil. Namun untuk kemampuan membaca masih belum stabil lantaran masih buram.

Diketahui, hingga saat ini pihak kepolisian belum berhasil mengungkap dua pelaku yang tidak dikenal yang telah menyiramkan air keras ke wajah Novel Baswedan pada 11 April 2017 lalu. Akibat paparan air keras tersebut, kedua bola mata penyidik utama KPK tersebut harus di operasi.

WAJIB BACA :  Mata Kiri Belum Optimal, Operasi Tahap II Novel Baswedan Ditunda!

Sebelumnya, Polda Metro Jaya sempat menangkap empat orang yang dicurigai sebagai pelaku penyerangan terhadap Novel. Terakhir kali, tim menangkap pria yang bernama Miko Panji Tirtayasa.

Novel Baswedan
Copyright©tstatic

Pria 39 tahun ini ditangkap pada bersama Miryam S. Hariyani, yang menjadi buron KPK dalam kasis kesaksian palsu di sidang korupsi E KTP. Namun, akhirnya dibebaskan lantaran tak cukup bukti.

Febri juga mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam pengusutan kasus ini. sebab, KPK sendiri mengalami kesulitan dalam mengusut kasus serangan pidana umum seperti yang dialami oleh Novel Baswedan.

Selain itu, Komisis Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membentuk tim pencari fakta (TPF) gabungan bersama LBH Jakarta dan PP Muhammadiyah untuk memantau kinerja pihak kepolisian yang bertanggung jawab menangani kasus teror dan penyerangan terhadap Novel.

WAJIB BACA :  Mata Kiri Belum Optimal, Operasi Tahap II Novel Baswedan Ditunda!

Komisioner Sub Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Siane Indriani, mengatakan TPF sejauh ini telah menemui sejumlah saksi terkait dengan kasus tersebut. Serta melakukan peninjauan tempat kejadian di kawasan Kelapa gading, Jakarta Utara, dekat kediaman Novel Baswedan.

Siane mengatakan, pihaknya berharap kepolisian dapat segera mengungkap kasus Novel agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Diketahui, saat ini Novel Baswedan menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura akibat siraman air keras yang terkena bagian matanya. Sebelumnya ia sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dan Jakarta Eye Center (JEC).

Baca Juga Kondisi Mata Kiri Novel Baswedan Membaik, Namun Masih Dalam Tahap Pengobatan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here