Tanggapan KPK Soal Pengakuan Amien Rais Terima Uang!

0
3035
Febri-Diansyah
Copyrigth©Timlo.net

Tanggapan KPK Soal Pengakuan Amien Rais Terima Uang!

Indowarta.com – Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengakui dirinya telah menerima sejumlah uang dari Soetrisno Bachir yang digunakan untuk kegiatan sosial dan keagamaan yang dilakukannya.

Namun Amien mengaku tidak mengetahui uang yang diterimanya tersebut berkaitan dengan kasus korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) yang menjerat mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

Dalam surat tuntutan Siti Fadilah, Amien disebut telah menerima dana sebesar Rp 600 juta. Lalu bagaimana tanggapan KPK? Akankan KPK akan meminta pengembalian uang tersebut?

Menurut penjelasan yang diberikan oleh juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah, sejauh ini pihaknya masih menunggu proses persidangan, selanjutnya akan dilihat keputusan dari hakim.

Amien Rais
Copyright©Poskota

Nantinya hakim akan melihat salah satu unsur yang dilihat adalag memperkaya diri sendiri atau orang lain, jadi misalnya hakim menyatakan trbukti ada sejumlah pihak yang diperkaya, tentu KPK akan menindaklanjuti.

Lebih lanjut tentang bagaimana cara menindaklanjutinya itu perlu pihak KPK bahas tersebih dahulu, langkah hukum apa yang sah yang bisa dilakukan. Febri menegaskan bahwa proses persidangan perlu diikuti terlebih dahulu. Pertimbangan hakim dalam vonis Siti nantinya akan menjadi rujukan KPK.

Sebelumnya, dalam konferensi pers yang dilakukan di kediamannya, Amien Rais mengaku telah menerima dana Rp 600 juta yang berasal dari yayasan Soetrisno Bachir yang ditransfer ke rekeningnya dalam kurun 15 Januri hingga 2 November 2007.

Dalam tuntutan jaksa terhadap Siti Fadilah, Amien rais disebut menerima aliran dana sebanyak 6 kali dengan total Rp 600 juta. Uang tersebut ditransfer dari rekening atas nama Yurida Adlani selaku Sekretaris yayasan Soetrisno Bachir Foundation (SBF).

Uang yang dikirimkan kepada pria berusia 73 tahun itu sebanyak 6 kali dengan besaran masing-masing Rp 100 juta setiap kali transfer. Berikut ini rinciannya:

Pertama ditransfer pada 15 Januari 2007, kedua, 13 April 2007, ketiga 3 Mei 2007, keemoat 21 Mei 2007, kelima 213 Agustus 2007, dan yang terakhir 2 November 2007.

Baca Juga Berita Terkini: KPK Analisis Fakta Soal Amien Rais Disebut Terima Rp 600 Juta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here