Berita Terkini : Tarif Uber Dan GrabCar Tak Perlu Izin dan Persetujuan Pemerintah !

0
1422
Tarif Uber

Berita Terkini : Tarif Uber Dan GrabCar Tak Perlu Izin dan Persetujuan Pemerintah !

indowarta.comTarif Uber dan GrabCar tidak perlu persetujuan pemerintah. Hal itu bisa dipastikan oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub). Hal itu sekaligus menjelaskan pernyataan pemerintah terkait taksi onlline.

Di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomon 32 tahun 2016 tidak ada persetujuan pemerintah.  Hal itu juga dituturkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto.

Menurut Pudji Hartanto kendaraan Uber dan GrabCar termasuk dalam angkutan sewa, bukan merupakan taksi. hal tersebutlah yang menurutnya membedakan penentuan tarif kedua angkutan umum tersebut.

Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 32 Tahun 2016, penentuan tarif angkutan sewa atas kesepakatan antara pengguna jasa dengan perusahaan angkutan. Sedangkan untuk taksi, tarifnya sesua dengan argometer juga atas persetujuan dengan pihak pemerintah.

Tarif Uber dan GrabCar masih bisa menjadi lebih murah dari pada taksi karena tidak adanya ikut campur tangan Pemerintah secara langsung. Namun, bisa dipastikan jarak tarifnya akan mengecil.

Tarif Uber

Pudji menuturkan bahwa ada syarat yang harus dipenuhi yaitu harus berbadan hukum, wajib memiliki izin angkutan orang tidak dalam trayek. Memiliki tempat penyimpanan kendaraan atau pool dan juga menyediakan tempat pemeliharanaa kendaraan. Masih ada lagi yaitu memperkejakan pengmudi degnan SIM umu, Memiliki minimal 5 kendaraan STNK atas nama badan usaha bukanlah perorangan.

Menurut Pudji, kenapa tarif Uber dan GrabCar lebih murah? Karena mereka tidak membayar pajak. Dengan adanya uji KIR dan lain-lain itu akan menambah beban perusahaan.

Tarif Uber dan GrabCar sempat menimbulkan persoalan. Tarif mereka dinilai jauh lebih rendah dibandingkan dengan tarif taksi yang ditentukan oleh Pemerintah. Akibat dari itu adalah banyak pengemudi taksi yang sempat mogok kerja dan melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran pada beberapa minggu lalu.

Namun hingga saat ini masih belum ada kepastian mengenai kabar tersebut. Masih banyak berita yang beredar bahwa Uber dan GrabCar harus memiliki ijin operasionalnya. Hal tersebut tentunya juga akan berpengaruh kepada tarif Uber dan juga GrabCar.

baca juga :

Berita Terkini : Begini Perbedaan Hitung Tarif Antara UberMotor, GoJek dan GrabBike !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here