Berita Terkini: Sejak Pagi Tadi, Gunung Marapi Sudah Meletus Sebanyak 19 Kali!

0
454
Gunung Merapi
Copyright©okezonenews

Sejak Pagi Tadi, Gunung Marapi Sudah Meletus Sebanyak 19 Kali!

Indowarta.com – Kali ini Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat kembali menunjukan keaktifannya. Gunung ini kembali meletus hingga sembilan kali dimulai Senin pagi, 5 Juni 2017 sekitar pukul 00.01 hingga pukul 06.00 WIB.

Mengenai letusan Gunung Marapi di Sumatera Barat ini juga dijelasakan oleh Petugas Pos Pengamat Gubung Api (PGA) Merapi Sumbar Hartanto. Dia menuturkan jika aktifitas merapi kini terus ditunukan dnegan sejumlah letusan-letusan disertai gempa dengan intesitas kecil.

Hartanto menjelaskan jika hingga kini letusan tersebut terus terjadi dan diringi dengan gempa kecil selama kurang dari setengah menit. ‘Kondisi visual sangat terlihat jelas hari ini. Terlihat dari letusan sembilan kali dan durasi gempa sekitar delapan hingga 34 detik lamanya’ ujarnya pada Senin, 5 juni 2017.

Kemuida Hartanto menambahkan jika Gunung Marapi kembali meletus dimulai pukul 06.01 hingga 10.00 WIB dengan intensitas sama dengan letusan sebelumnya. Letusan kali ini terjadi lebih banyak yakni sepuluh kali letusan dan gempa dengan intensitas kecil.

Gunung Merapi
Copyright©dailymail

Menurut informasinya letusan yang terakhir ini hampir sama dengan sebelumnya dan lama gempa sekitar 10 hingga 12 detik. Sedangkan pantauan yang didapat ketinggian asap akibat letusan gunung merapi itu mulai 75 meter hingga 250 meter.

Sedangakan pada hari sebelumya yakni Minggu, 4 Juni 2017, Hartanto mengatakan letusan terjadi sebanyak enam kali dan embusan delapan kali. Hingga kini status gunung merai di Sumatera Barat masih waspada atau level II.

Letusan-letusan tersebut dinilai wajar karena status waspada itu dan masyarakat sediri diminta beraktifitas dengan minimal radius 3 kilometer dari kawah. Letusan dari gunung yang masih aktif ini sendiri dimulai pada Minggu, 4 Juni 2017.

Akibat letusan Gunung Marapi ini berdampak terhadap empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Mengenai letusan gunung ini juga mendapat tanggapan dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi.

Dia mengatakan jika jika abu vulkanik berdampak terhadap empat kecamatan yakni Batipuh, Pariangan, Sungai Tarab dan Salimpung. Irdinansyah menghimbau agar seluruh camat dan perangkat terkait lainnya terus melakukan monitor mengenai perkembangan dari letusan gnung merapi.

baca juga : Ribuan Warga Yogya Direncanakan Siap Peringati Hari Lahir Pancasila Besok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here