Hanya Karena Like Status FB, Pria Ini Kena Denda Puluhan Juta Lho, Kok Bisa?

0
738
Berita Terkini: Iklan FB Akan Segera Banjiri Televisi Indonesia?
Copyrigth©TechnoTalk

Hanya Karena Like Status FB, Pria Ini Kena Denda Puluhan Juta Lho, Kok Bisa?

Indowarta.com – Media sosial facebook serimn kali menjadi tempat curahan hati ataupun berkomentar tentang apapun seperti negara, pemerintahan dan lain-lain. Namun pada FB juga perlu dijaga tulisan serta perlu memerhatikan tulisan tersebut apakah kontroversial dan menyinggung orang lain atau tidak.

Jika tidak memperhatikan tulisan status FB dengan seksama, hukuman pidana bahkan denda jutaan rupiah pun sudah menanti. Seperti yang terjadi pada seorang pria asal negara Swiss yang terkena denda 4 ribu franc Swiss atau jika dirupiahkan sekitar Rp 55 juta.

Pria itu dikenakan denda setelah me-like komentar di status seseorang yang berada di media sosial facebook. Pria yang tidak tidak disebutkan namanya ini diketahui berusia 45 tahun dan dilapprkan ke pengadilan sistrik Zurich, Swiss.

WAJIB BACA :  FB Rilis Aplikasi Video Saingi Youtube!

Pengdilan pun meutuskan jika pria ini bersalah kerena terbukti me-like komentar status yang dianggap mengandung fitnah. Pria itu pun menjalani sidang dan pria yang digugat itu dianggap bersalah meskipun bukan dirinya yang menuliskan komentar terhadap status yang dianggap mengandung fitnah itu.

Copyright©Tribunnews

Komentar dikolom FB itu sebenarnya diposting dua tahun lalu oleh seseorang status itu sendiri dibuat oleh seorang ketika memanasnya sebuah diskusi dalam sejumlah grub facebook mengenai kesejahteraan hewan. Namun komentar itu dinilai mengandung fitnah serta dianggap menjelekan dan memfitnah nama baik Erwin Kessler.

Semenatar itu cukup diketahui jika Erwin Kessler sendiri merupakan seorang yang sering kali berkecimpung di dunia hewan atau sering disebut sebagai akktivis hewan. Dirinya dalam komentar itu dituduh telah bersikap rasis dan anti-semit. Dan hal tersebut merupakan fitnah dan dianggap telah mencemarkan nama baiknya.

WAJIB BACA :  FB Rilis Aplikasi Video Saingi Youtube!

Dan dari komentar status di media sosial FB itu yang membuat malapetaka bagi seorang pria asal Swiss tersebut. Kessler telah menggugat sejumlah orang baik penulis maupun orang yang ikut berkomentar didalamnya serta orang yang me-liki komentar serta status tersebut.

Orang-orang tersebut mulai dari penulis status, pengkomentar, hingga oranag yang me-like semua digugat dengan tuduhan pencemaran nama baik. Maka dari itu merekapun mendapatkan jeratan pidana sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tentunya mendapatkan denda. Dengan kejadian itu bisa membuat pengguna lainnya lebih berhati-hati dalam menuliskan status atau bermomentar bahkan me-like.

baca juga : Dokter Fiera Lovita Bicarakan Soal Dugaan Intimidasi Akibat Status FB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here