Berita Hari Ini: Sejumlah Negara Ini Jadikan Imlek Sebagai Hari Libur Nasional

0
667
Tahun Baru Imlek

Berita Hari Ini: Sejumlah Negara Ini Jadikan Imlek Sebagai Hari Libur Nasional

Indowarta.comTahun Baru Imlek atau Tahun Baru Cina, diberlakukan sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Gus Dur. Pada periode sebelumnya, atau Rezim Orde Baru dibawah komando dari PResiden Soeharto telah melarang hal yang berbau tentang Tiongkok termasuk juga Imlek.

Larangan tersebut diperkuat dengan instruksi PResiden No. 14 tahu 1967. Pada masa kepemimpinan Presiden Gus Dur, Inpres No. 14 tahu 1967 pun telah dicabut pada tahun 2000. Dan setelah itu PResiden Gus dur mengeluarkan Keppres No 19/2001 tertanggal 9 April 2001 yang meresmikan Imlek sebagai hari libur bagi yang merayakan Tahun Baru Imlek.

Baru ketika pada tahun 2002, Presiden Megawati Soekarno Putri menyatakan bahwa Tahun Baru Imlek sebagai Hari Libur Nasional yang efektif Berlaku mulai tahun 2003.

Namun hal ini tidak hanya indonesia dan Negara asalnya, Chia yang memberlakukan bahwa Tahun Baru Imlek dijadikan Hari Libur Nasional. Beberapa negara dengan Populasi Tionghoa yang cukup besar juga mengikuti langkah Negara China untuk memberkalukan Hari Libur Nasional di Tahun Baru Imlek.

Berikut adalah Daftar Negara yang memberlakukan Hari Libur Nasional di Hari Imlek :

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah salah satu negara yang memberlakukan Tahun Baru Imlek sebagai hari besar nasional adalah hal yang mengejutkan. Pasalnya, negara Tersebut adalah mayoritas Muslim dan juga dikabarkan bahwa menghimbau Warganya untuk merayakan Hari Natal pada tahun 2015. Bahkan ada sangsi untuk perayaan tersebut.

Malaysia

Masuknya Malaysia memang tidak mengejutkan, Pasalnya, Malaysia memiliki Keragaman budaya dan Etnis yaitu Melayu, India, dan juga Tionghoa. Berdasarkan data Sensus pada tahun 200 lalu, sekitar 24, 6 persen warga Malaysia merupakan Etnis Tionghoa.

Di Malaysia memberlakukan dua hari libur Nasional agar Warganya dapat merayakan Imlek dengan lebih leluasa dan ketika Tahun Baru Imlek, Warga Malaysia yang merupakan Etnis Tiongha menggelar Aksi Festival yang diselenggarakan di beberapa daerah.

Tahun Baru Imlek

Singapura

Singapura juga merupakan salah satu negara dengan keragaman Etnis yang kental. Singapura memiliki Tiga suku utama dalam demografinya yaitu penduduk Melayu, India, Tionghoa.

Berbeda dengan negara yang lain, Singapura justru didominasi oleh penduduk Etnis Tionghoa. Pada tahun 2015 sekitar 74 Persen merupakan Etnis Tionghoa. Hal ini tidak mengejutkan mengingat Singapura menjadikan Lee Kuan Yew – etnis Tionghoa – sebagai pendiri sekaligus bapak bangsa.

Filipina

Filipina dan China memang dekat dan itu dimulai pada tahun 1898 ketika 2 juta Etnis Tionghoa menjadi Imigran di Pinoy. Letak Filipina yang pertengahan jalur laut yang menghubungkan barat dan Timur membuat Filipina memiliki Keragaman Etnis yang lumayan Banyak.

Saat ini diperkirakan sudah 18 juta Warga Filipina yang merupakan keturunan Etnis Tionghoa langsung maupun Campuran. Sama seperti Indonesia, Filipina memberlakukan Hari Libur Nasional kala 8 Februari yang juga Tahun Baru Imlek.

baca juga : Berita Terkini: Bakal Dilalui Gerhana Matahari Total, Masyarakat Jailolo Gunakan Tempurung Kelapa !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here