Berita Terbaru : Begini Klarifikasi Luhut Saat Dicatut Dalam Mayfair dan Panama Papers !

0
1044
panama papers

Berita Terbaru : Begini Klarifikasi Luhut Saat Dicatut Dalam Mayfair dan Panama Papers !

indowarta.com– Kasus panama papers kini mencatut nama Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan di dalam Panama Papers yang dimuat di majalah tersebut, Luhut tercatat sebagai Direktur Mayfair International Ltd yang terdaftar di Seychelles, negara kepulauan di lepas pantai Timur Afrika, Samudra Hindia pada tahun 2006.

Panama Papers adalah istilah yang digunakan untuk bocornya dokumen firma hukum asal Panama, Mossack Foncesca yang melayani jasa pembuatan perusahaan cangkang. Isi dari dokumen tersebut adalah daftar nama perusahaan cangkang di negara suaka pajak.

Kini lebih dari 100 media di dunia melakukan investigasi atas kasus tersebut. Tidak ketinggalan juga Tempo dari Indonesia yang berada di bawah koordinasi International Consorium of Investigative Journalists.

panama papers

Terdapat sekitar 2.960 nama dari Indonesia tercantum sebagai klien 43 perusahaan cankang yang berhubungan dengan Mossack Fonseca. Namun dengan memiliki perusahana cangkang di negara suaka pajak belum tentu merupakan palanggaran.

Berikut adalah klarifikasi Luhut atas tercatut namanya dalam Panama Papers :

beberapa hari yang lalu salah satu media nasional di indonesia mengangkat suatu isu yang mengaitkan dengan diri saya. Dari sisi substansi, hal yang ditullis dalam majalah tersebut tidak terlalu luar biasa.

Namun dia mengaku tidak merasa dirugikan atas isu tersebut. Dia ingin meluruskan beberapa hal agar masyarakat dan media masa dapat memahami keadaan yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa point yang ingin dia luruskan :

  1. Masalah yang diangkat dalam pemberitahuan majalah tesebut terjadi dalam kurun waktu saat dia tidak menjadi pejabat publik, atau tidak sedang menjabat sebagai menteri.
  2. Sejak tanggal 31 Desember 2014 dia telah melepas semua jabatan di perusahaan
  3. Semua kekayaan yang dia miliki telah dilaporkan dalam LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara) sesuai dengan peraturan yang berlaku
  4. Ada juga beberapa hal yang dia kemukakan mengenai satu perusahaan cangkang (Mayfair International Ltd) yang disebutkan dalam majalah tersebut.
  • Dia tidak pernah mendengar nama perusahaan tersebut hingga dia mendapatkan surat permintaan wawancara. Kemudian dia menerima dan baru mengetahui bahwa perusahaan tersebut berdiri pada tahun 2006.
  • Perusahaan cangkang tersebut tidak termasuk dalam laporan LHKPN karena dia tidak merasa memiliki perusahaan tersebut.
  • Perusahaan tersebut tidak mempengaruhi jumlah kekayaan dan kewajiban pajak yang harus dibayarnya.
  • Perusahaan cangkang tersebut tidak mempunyai hubungan dengan perusahaannya, baik perusahaan induk maupun perusahaan anak.
  • Mengenai kaitannya perushaan cankang tersebut dengan Persada Inti Energi dalam proyek inftastruktur Tanah Air, dia menegaskan bahwa PT Persada Inti Energi bukan perusahaan miliknya.

baca juga :

Berita Hari Ini : Mulai Hari Ini Transjakarta Buka 6 Rute Baru Lalui Bekasi dan Depok !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY