Penjelasan KPK Soal Aliran Dana yang Munculkan Nama Amien Rais!

0
354
jubir KPK
Copyright©twitter

Penjelasan KPK Soal Aliran Dana yang Munculkan Nama Amien Rais!

Indowarta.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan soal aliran dana yang masuk ke rekening Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. KPK menjelaskan hal tersebut kepada utusan Amien yang mendatangi gedung KPK pada Senin, 5 Juni 2017 kemarin.

Politisi PAN yang menjadi utusan Amien Rais diantaranya yakni Drajad Wibowo, Hanafi Rais, dan Idrus Sambo. Menurut penuturan juru bicara KPK, Febri Diansyah, dalam proses persidangan pihaknya akan menghadirkan saksi-saksi dan bukti-bukti.

Tentu, selain mengungkap indikasi penyimpangan dalam proses pengadaan alat kesehatan yang dilakukan oleh mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, KPK juga akan menjelaskan pihak-pihak yang berkaitan dengan aliran dana tersebut.

WAJIB BACA :  PDIP Tak Setuju DPR Bekukan Anggaran KPK dan Polri Gara gara Miryam!

Menurut keterangan Febri, pihaknya menemukan, usai ada pembayaran dari Depkes ke Indofarma, kemudian ada pembayaran dari Indofarma ke PT Mitra Medidua. Selain itu juga ada dana pada rekening salah seorang saksi, dan itu juga diakui oleh saksi.

Amien Rais
Copyright©Poskota

Rekening saksi itu juga merupakan rekening dari Yayasan Soetrisno Bachir Foundation. Dalam persidangan, dari rekening tersebut juga ditemukan bukti transfer ke sejumlah pihak. Bahkan fakta lain menyebutkan ada ada aliran dana lain sebelumnya, yang masuk ke rekening tersebut.

Febri sendiri mengakui, kasus ini cukup panjang jika dilihat dari aliran dananya. Sebab, awalnya kasus ini merupakan hasil kerja sama antara kepolisian dan KPK. Namun, setelah diambil alih oleh KPK, dilakukan investigasi, ditemukanlah bukti-bukti baru itu. Atas dasar itu lah KPK tidak bisa hanya berdiam diri mengungkap penyelewangan pengadaan alkes saja.

WAJIB BACA :  PDIP Tak Setuju DPR Bekukan Anggaran KPK dan Polri Gara gara Miryam!

Seperti yang telah diketahui, sebelumnya Amien Rais memang berencana ingin pergi ke KPK. Amien berencana ingin bertemu langsung dengan Ketua KPK, Agus Raharjo. Namun Febri Diansyah menyampaikan jika Pimpinan KPK itu tidak akan menemui Amien.

Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya KPK sendiri memang menghindari pertemuan dengan seorang yang terlibat dalam kasus yang tengah mereka tangani.

Diketahui, dalam tuntutan jaksa terhadap Siti Fadilah, Amien Rais disebut telah menerima aliran dana sebanyak 6 kali dengan total Rp 600 juta dengan besaran masing-masing Rp 100 juta setiap kali transfer.

Baca Juga Berita Terkini: Amien Rais Akan Datangi KPK, Pengamanan Diperketat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY