Ada Fatwa MUI Soal Media Sosial, FB Dkk Bisa Ditutup?

0
461
rudiantara
Copyrigth©Elshinta

Ada Fatwa MUI Soal Media Sosial, FB Dkk Bisa Ditutup?

Indowarta.com- Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia atau MUI telah mengeluarkan Fatwa MUI mengenai penggunaan media sosial. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yakni Rudiantara siap untuk menindak tegas penyelenggara media sosial seperti Facebook, Instagram hingga Twitter.

Rudiantara telah menyampaikan bahwa bila para penyelenggara media sosial ini sudah dinilai keterleluan dalam artian membiarkan konten yang bermuatan negatif ini berkemabang biak, maka pemerintah ini tidak akan segan-segan untuk memblokir bahkan menutup layanan tersebut.

Rudiantara di Kementerian Kominfo, Jakarta pada  hari Senin 5 Juni 2017 ini telah mengatakan “Info yang saya terima, Facebook itu memiliki pengguna sampai 111 juta (di Indonesia), kalau bicara akun bisa lebih. Awalnya medsos ini hadir dibangun untuk merekatkan hubungan manusia yang sudah lama gak ketemu”.

WAJIB BACA :  Susul FB, Status WhatsApp Kini Bisa Pakai Backround Beragam Warna Lho!

MUI

Dirinya telah melanjutkan bahwa berdasarkan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), secara ringkat tedapat dua tugas pemerintah. Dua tugas tersebut adalah sosialisasi yang meliputi edukasi dan iterasi. Lalu yang kedua adalah melakukan pembatasan atau pemutusan akses terhadap dunia maya.

Menkominfo mengatakan “Alhamdulillah rekomendasi dari MUI soal Fatwa MUI medsos ini kami jalani. Setelah itu bagaimana jadi rujukan untuk mengelola konten negatif”. Lalu Rudiantara menambahkan “Minggu lalu rapat dengan DPR, kalau situasi banyak negatif, merusak hubungan satu dan lainnya, tidak hanya menutup akun tapi Kominfo memungkinkan menutup penyelenggara medsos seperti Facebook”.

Lalu pada saat ditanyai apakah itu akan berlaku untuk Instagram ataupun Twitter, Rudiantara pun mengatakan bahwa itu juga berlaku juga bagi mereka. Rudiantara menegaskan “Oh iya, betul. Tidak hanya menutup akunnya yang dibatasi aksesnya atau ditutup tapi penyelenggaranya dimungkinkan ditutup”.

WAJIB BACA :  FB Bikin Tab Khusus Untuk Cek Korban Bencana!

Belakangan ini memamng marak beredarnya berita hoax atau berita palsu yang telah berkeliaran di dalam media sosial. Tidak hanya beredar berita hoax saja, di dalam media sosial juga telah banyak ujaran kebencian yang telah membuat masyarakat menjadi resah. Hal ini perlu untuk ditinjak lanjuti agar tidak terjadi hal yang berdampak negatif.

baca juga : 

Mahfud MD: Tidak Semua Fatwa MUI Harus Di Ikuti !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here