Pakai Plat Mobil ‘Gigolo’ Pengemudi Honda Brio Ini Ditilang Polisi!

0
440
ditilang
Copyright©detik

Pakai Plat Mobil ‘Gigolo’ Pengemudi Honda Brio Ini Ditilang Polisi!

Indowarta.com – Satlantas Polres Purwakarta menilang sebuah mobil Honda Brio berwarna silver lantaran memasang pelat nomor cantik. Mobil tersebut dipasangi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) D 616 OLO yang jika dibaca menjadi ‘Gigolo’.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat, Selasa (6/6), kendaraan tersebut lantaran plat mobil gigolo yang digunakannya tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Kendaraan yang menggunakan plat mobil gigolo tersebut ditilang saat melintas di perempatan H Iming, Purwakarta sekitar pukul 09.00 WIB pada Selasa (6/6). Petugas mencurigai mobil tersebut lantaran pelat nomornya D 616 OLO atau jika dibaca menjadi ‘Gigolo’.

Baca Juga Berita Terkini: Pria yang Maki Polisi Saat Ditilang Ini ‘Captain America’!

Setelah dicek, rupanya pelat nomor tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Berdasarka hasl pengecekan petugas, pelat asli dari mobil tersebut yakni T 1760 AI. Sehingga petugas langsung menilang si pengemudi mobil tersebut.

ditilang
Copyright©detik

Pengendara ditilang dengan menggunakan surat tilang berwarna biru karena sistem tilang menggunakan e-tilang barang bukti berupa STNK karena yang bersangkutan langsung mengganti plat mobil gigolo tersebut.

Hanny mengatakan, pengemudi tersebut ditilang lantaran telah melanggar Pasal 280 UU No 22 Tahun 2009.

Bunyi dari pasal tersebut yakni setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dipasangi TNKB yang ditetapkan oleh kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam pasal 68 ayat (1) dipidana dengan pidana kurugan paling lama 2 (2) bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Baca Juga Berita Terkini: Polisi Mulai Berlakukan Tilang Online Atau E Tilang di Jakarta Hari Ini !

Diketahui, di awal tahun 2017, Polri melakukan beberapa pembenahan terkait dengan surat-surat kendaraan bermotor, salah satunya yakni pengurusan STNK secara online. Selain itu, Polri juga berencana untuk membebaskan pemilik kendaraan untuk memilik pelat dengan nomor cantik.

Kebebasan memilih pelat dengan nomor cantik salah satunya bertujuan untuk menutup celah penyimpangan dengan mengutip biaya tambahan yang tak resmi.

Tito menjelaskan pembebasan pemilihan nomor cantik tersebut ditujukan kepada orang-orang yang berpenghasilan besar. Nantinya biaya yang dikenakan akan langsung masuk ke kas negara. Pemilihan nomor cantik untuk pelat kendaraan kini dikenai biaya hingga Rp 20 juta.

Baca Juga Video FB Pengendara Motor Protes Ke Polantas Karena Ditilang Ini Jadi Viral!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here