Banjir Akan Terus Terjadi di Garut, Ini Penyebabnya!

0
221
Banjir Bandang Garut
Copyright©tribun

Banjir Akan Terus Terjadi di Garut, Ini Penyebabnya!

Indowarta.com– Pada hari Senin 5 Juni 2017 malam hari ini telah terjadi banjir yang diyakini masih akan rutin terjadi di Garut ketika musim penghujan. Bupati Garut Rudy gunawan pada saat dihubungi oeh wartawan pada hari Selasa 6 Juni 2017 ini telah mengatakan “Banjir akan terus terulang di Garut, karena frekuensi hujan yang tinggi dan saluran air yang kecil”.

Rudy sendiri telah mengaku bahwa Pemkab Garut ini sudah menerima peringatan ancaman banjir dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan atau BMKG semenjak banjir bandang Sungai Ciamnuk pada tahun 2016 yang lalu. Setidaknya ada 16 Kecamatan di Garut telah dinyatakan rawan bencana banjir karena posisinya.

Harus ada sistem pengendalian Banjir Garut yang terintegrasi untuk menangani banjir yang sering terjadi. Oleh sebab itu pihaknya akan segera menyusunnya. Rudy mengatakan “Banjir tidak mungkin dihilangkan, karena curah hujan dan daya serap air makin tidak seimbang, makanya harus ada pengendalian banjir”.

Banjir Garut
Copyright ©detik

Pihaknya masiih melakukan pendataan terkait dengan Banjir Garut yang terjadi ini. Rudy mengatakan “Secara rinci belum ada, laporan hari ini lagi dikoordinasikan oleh Sekda, ini juga lagi rapat”. Rudy sendiri telah memastikan bahwa pemerintah daerah ini akan memberikan bantuan tanggap darurat kepada mereka yang terdampak banjir ini. Walaupun bantuannya tidak sama seperti yang telah diberikan kepada korban banjir bandang Sungai Cimanuk.

Lalu secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Zakaria mengaku bahwa pendataan akibat terdampak banjir ini masih terus dilakukan. Zakaria mengatakan “Belum ada (data kerusakan banjir). Kita masih terus melakukan pendataan”.

Sementara itu menurut Ketua RT 02/06 Kampung Pamoyanan, Kelurahan Sukagalih yakni Sobar, terdapat sebanyak 10 rumah yang telah terkena dampak. Namun hingga saat ini masih belum ada bantuan apapun. Padahal jarak kampungnya dengan Pemerintah Daerah ini kurang dari 1 kilometer. Untuk sementara ini, telah disebutlkan bahwa di dalam Banjir Garut ini terdapa 4 motor dan 1 mobil yang hanyut.

baca juga : 

Penampakan Berbagai Kendaraan yang Rusak Akibat Terseret Banjir di Garut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here