Unggah Video Youtube Bermuatan SARA, Profesor Tamim Pardede Diciduk Polisi!

0
808
Tamim Pardede
Copyright©RMOL

Unggah Video Youtube Bermuatan SARA, Profesor Tamim Pardede Diciduk Polisi!

Indowarta.com – Mabes Polri meringkus Muhammad Tamim Pardede alias ‘Profesor’ Tamim Pardede lantaran telah menebar ujaran kebencian (hate speech) di media sosial. Ia ditangkap lantaran mengunggah video bermuatan hate speech terkait pemerintah dan terhadap Jokowi.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul saat dikonfirmasi awak media di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Selasa (6/6), “Benar, ditangkap oleh Satgas Patroli Siber Bareskrim Polri pada hari ini pukul 00.05 WIB di Perumahan Adiloka, Neglasari, Kota Tangerang, Banten”.

Dalam salah satu video yang diunggah Tamim yang berdurasi 3 menit 46 detik, pria berusia 45 tahun tersebut menghina Presiden Jokowi. Bahkan ia pun menantang Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri untuk menjemput dan menembaknya.

Baca Juga Berita Terkini: Menkominfo Blokir 11 Situs yang Dirasa Sebarkan Fitnah dan Ujaran Kebencian Berlebihan !

Aparat menilai pemilik akun Youtube Prof Tamim Pardede ini telah menyebarkan konten video berbau SARA serta penghinaan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa sebuah laptop dan ponsel.

Tamim Pardede
Copyright ©YouTube

Martinus memaparkan, barang bukti tersebut yakni berupa sebuah laptop merek Lenovo, sebuah handphone merek Samsung yang terdapat akun Youtube dan video rekaman asli Tamim Pardede dengan konten diantaranya SARA dan penghinaan terhadap pemerintahan.

Akibat tindakannya tersebut, tamim dijerat dengan pelanggaran Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45A Undang-undang Informasi dan Transaksi Eleketronik (UU ITE). Selain itu pihak kepolisian juga masih mendalami motif Tamim Pardede yang sengaja mengunggah video berbau SARA dan penghinaan tersebut.

Baca Juga Ki Gendeng Pamungkas Ditangkap Terkait Ujaran Kebencian Soal ‘Anti China’ Lewat Video Youtube!

Tamim sendiri mengakui video bermuatan SARA tersebut. bahkan kepada polisi ia juga menyertakan beberapa foto yang dia klaim sebagai bukti bahwa bangkitnya PKI di Indonesia.

Sebelum kasus ini, Tamin sempat menjadi sorotan setelah mengakumendapat gear professor dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Namun pihak LIPI sendiri membantah hal tersebut.

Tampak situs resmi LIPI, www.lipi.go.id, pada Selasa 28 Februari 2017 lalu merilis keterangan pers yang bertajuk ‘LIPI Tidak Pernah Kukuhkan Tamim Pardede sebagai Profesor Riset’).

Nama Tamim Pardede mulai dikenal sejak mengembangkan baan bakar diesel dari campuran minyak jelantah dan air. Terbukti emisi yang dikeluarkan diesel dari bahan bakar temuannya juga sangat ramah lingkungan.

Baca Juga Habib Rizieq Shihab Dilaporkan Ke Polisi Atas Kasus Dugaan Ujaran Kebencian !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY