Konsumen Motor Listrik Q1 Bakalan Jarang Pergi Ke Bengkel?

0
330
Copyright ©otomaniac

Konsumen Motor Listrik Q1 Bakalan Jarang Pergi Ke Bengkel?

Indowarta.com – Tanpa menggunakan mesin konvensional, rancangan skuter listrik Viar Q1 jadi sangat simpel dan memiliki berat yang ringan, yakni 78,5 kg. Efek lain dari ketidakhadiran mesin yakni membuat model produksi lokal ini tidak membutuhkan komponen seperti pendingin mesin, knalpot, rantai, dan transmisi.

Sehingga soal perawatan motor listrik ini diklaim bakalan jarang pergi ke bengkel dan sangat minim. Pihak produsen motor Viar di dalam negeri, Triangle Motorindo, menjelaskan tidak ada yang spesial pada perawatan Q1.

Bahkan dikatakan, konsumen yang datang ke bengkel hanya karena urusan ban atau aki saja. seperti penuturan Sutjipto Admotjo selaku Direktur Triangle Motorindo, saat peluncuran Q1 di Jakarta pada Selasa (6/6).

Baca Juga Viar Luncurkan Motor Listrik Lebih Dahulu, Gesits Malah Sambut Baik!

“Sepeda motor listrik ini sebenarnya sangat sederhana karena dia kan tidak ada mesinnya. Jadi tidak ada piston, transmisi, atau kruk as. Jadi bisa dibilang perawatan ‘mesin’ hampir tidak ada,” ujar Sutjipto.

Viar Q1
Copyright ©otomaniac

Apalagi ban merupakan komponen yang lama diganti, sebenarnya konsumen nantinya akan lebih sering ke bengkel karena mengganti kampas rem. Motor listrik ini menggunakan ban merk Swallow, ukurannya sama untuk ban depan dan belakang, yakni 90/90.

Kedua roda skuter listrik ini menggunakan rem cakram. Sama seoerti ban, aki jugamerupakan komponen yang usia pakainya relatif lama. pada Q1, aki menggunakan jenis maintebabce free (aki kering) lithium ion merk Bosch.

Baca Juga Kepingingi Beli Sekuter Listrik Viar, Bisa Dengan Cara Kredit Lho!

Kehadiran motor listrik ini turut meramaikan pasar Indonesia yang dikenal sebagai alah satu pasar kendaraan bermotor terbesar di dunia.

Kendaraan ini menggunakan tenaga listrik sehingga dapat mengurangi polusi udara yang diakibatkan oleh pembuangan bahan bakar. Viar mengguanakan daya baterai dengan kapasitas maksimal 800 watt. Dalam sekali pengisian baterai hingga penuh memakan waktu sekitar 5 hingga 7 jam pengisian.

Motor listrik ini dibanderol sekitar 16 jutaan. motor ini digadang-gadang sebagai motor masa depan dan bisa menjadi solusi bagi konsumen yang mencari motor ramah lingkungan yang mudah dikendarai. Viar sendiri bekerja sama dengan Bosch untuk memproduksi mesin listrik yang digunakannya.

Baca Juga Motor Listrik Diklaim Minim Perawatan, Boleh Dimodifikasi Asalkan. .

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY