Motor Listrik DiklaimLebih hemat 50 persen!

0
437
Motor Listrik
Copyright ©detik

Motor Listrik DiklaimLebih hemat 50 persen!

Indowarta.com – Kendaraan bertenaga listrik atau Motor Listrik kini sudah mulai merambah ke  Indonesia. Kendaraan tanpa menggunakan bahan bakar ini disebut-sebut menjadi salah satu solusi untuk membuat lingkungan lebih bersih karena nol emisi atau pembuangan bahan bakar.

Berbagai macam pabrikan Motor Listrik kini tengah berlomba membuat kendaraan yang satu ini. Seperti halnya pabrikan Garasindo yang tengah mengembangkan skuter listrik buatan anak negeri sendiri. Kemudian ada lagi yakni Gesits yanag menilai jika motor menggunakan tenaga listrik akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan motor yang menggunakan bahan bakar minyak.

Mengenai hal ini juga diungkapkan oleh Operations Director Gesits, Rahmat Septriawan. Dia menuturkan jika penggunaan motor dengan tenaga listrik ini akan lebih hemat dibanding motor konvensioal. Skuter listrik ini paling tidak akan lebih hemat 50 persen dari motor biasa dan itu juga sudah di uji oleh Gesits.

‘Berdasarkan simulasi dan uji coba yanag kami lakukan, sekitar 55 hingga 60 persen dari actual running akan lebih hemat. Kemudian motor listrik ini tak perlu service dan perawatan rutin, ya jadi sekitar 50 persen akan lebih hemat disbanding motor konvensional’ ujar Rahmat.

Motor Listrik
Copyright ©detik

Mengenai Motor Listrik ini juga ditanggapi oleh Dhani Yahya selaku Managing Director PT Garasindo Technologies. Dia menammbahkan ika dari pengalaman motor berdaya listrik asal Amerika Serikat yang dijual perusahaannya yakni Zero Motorcycles menunjukan jika motor dengan tenaga listrik jauh lebih hemat dari segi penggunaan.

Dhani menjelaskan jika motor listri Zero dengan daya 1kWh listri RP 1.500 dan tenaga 12 kWh sudah dapat menempuh jarak sekitar 240 kilometer. Jadi jika disimpulkan untuk jarak 20 kilometer hanya memrlukan tenaga 1 kWh atau Rp 1.500.

Sedangkan CEO Garasindo, Muhammad Al Abdullah mengatakan jika Motor Listrik ini sendiri sudah tersebar di berbagai negara di dunia. Dia mengatakan jika sudah menjadi barang umum motor tenaga listri digunakan di berbagai negara. Digunakannya motor yang satu ini juga termasuk menjadi solusi agar lebih effisien.

Seperti diketahui jika kendaraan dengan menggunakan tenaga listrik kini sudah mulai menjadi tren di berbagai negara. Disamping lebih effesien dan lebih hemat kendaraan ini juga dapat mengurangi tingkat polusi yang disebabkan oleh emisi atau pembuangan berupa asap kendaraan.

baca juga : Viar Q1 Akan Jadi Motor Listrik yang Dilengkapi STNK dan BPKB Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here