Berita Terkini: Jaksa Agung Akan Cabut Banding Ahok?

0
2439
Copyright ©detik

Jaksa Agung Akan Cabut Banding Ahok?

Indowarta.com – Meski pihak Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah mencabut bandingnya, pengadilan Tinggi DKI Jakarta tetap menunjuk hakim untuk melakukan pemeriksaan brkas perkara tersebut. Mereka beralasan jaksa belum ikut mencabut permohonan bandingnya.

Namun baru-baru ini, Jaksa Agung M Prasetyo mengisyaratkan akan mencanbut banding Ahok tersebut. Tetapi pihaknya belum memberikan keputusan secara resmi. Keputusan resmi itu baru akan dimabil setelah laporan tim jaksa perkara Ahok diterima.

M Prasetyo mengatakan, pihaknya masih akan mengkaji proses banding Ahok tersebut. Termasuk melihat sisi kemanfaatan banding putusan Ahok. Akan tetapi dia mengisyaratkan penuntut umum akan mencabut memori banding sebab Ahok sudah menerima vonis hakim.

Selain itu ia juga mengatakakan masih melihat manfaatnya, jika manfaatnya tidak melakukan banding, kejaksaan tidak banding. Karena Ahok sudah menerima putusan . selanjutnya pihaknya akan lebih fokus ke perkara lain, dan tidak terpaku pada satu kasus saja.

Sidang Ahok
Copyright©Tribunnews

Kendati demikian, Prasetyo belum menebutkan kapan jaksa penuntut umum akan mencabut banding Ahok. Menurutnya Ahok akan segera dieksekusi begitu putusannya berkekuatan hukum tetap. Namun, kapan waktu keputusan resmi Kejaksaan untuk tidak banding disampaikan ke PN Jakut sebagai syarat putusan Ahok belum bisa disampaikan Prasetyo.

Diketahui, perkara banding Ahok diperiksa majelis hakim PT DKI, yakni Imam Sungudi (Ketua), Elang Prakoso Wibowo, Daniel D Pairunan, dan I Nyoman Sutama. Perkara banding ini diajukan tim jaksa kasus Ahok.

Usai divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara, mantan Bupati Belitung Timur ini langsung mengajukan banding. Sikap itu pun ditanggapi oleh jaksa dengan melakukan langkah yang sama.

Namun belakangan suami Veronica Tan ini mencabut permohonan banding di PN Jakut karena menyatakan menerima hukuman 2 tahun penjara. Tak sedikit massa pro Ahok yang merasa kecewa dengan putusan tersebut.

Majelis hakim PN Jakut menyatakan Ahok terbukti bersalah melakukan penodaan agama terkait dengan pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Selain itu, Ahok juga mengajukan pengunduran diri sebagai GUbernur DKI Jakarta.

Baca Juga Berita Terkini: Jaksa Agung Pastikan Sidang Banding Ahok bebas Dari Tekanan Asing!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY