Yudi Latif Pastolam UKP Pancasila Berebeda dario Program Era Orde Baru!

0
164
Yudi Latief
Copyright ©nasionalkompas

Yudi Latif Pastolam UKP Pancasila Berebeda dario Program Era Orde Baru!

Indowarta.com – Kali ini Yudi Latif angkat biacar terkait dengan unit yang dipimpinnya. Kepala Unit Kerja Presiden Peminaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) ini memastikan jika unit yang kini dipimpinnya berbeda dengan lembaga serupa yang ada dalam pemerintahan orde baru.

Seperti dikethui jika pada pemrintahan Presden Soeharto juga da Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7). Kemudian ada lagi yakni program Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).

Namun Yudi Latif saat ditemui pada Rabu, 7 Juni 2017 mengatakan jika unit tersebut jelas berbeda dengan unit yang saat ini dipimpinnya. ‘Berbeda dengan yang sekarang, untuk BP7 orientanya lebih menjurus ke penartaran-penataran. Sedangkan saat ini meskipun strukturnya ringkas namun horizontalnya lebih luas’ uajarnya.

Yudi juga menjelaskan jika BP7 dahulu mempunyai anggota atau armada didalamnya hingga ke tingkat kabupaten. Sedangakan UKP Pancasila saat ini tidak memerlukan sumber daya manusia sebanyak itu. Didalam unit ini hanyalah mengatur sebagaimana program Pancasila.

Yudi Latief
Copyright ©nasional

Yudi Latif menambahkan jika dalam  UKP-PIP tak akan mengambil kewenangan lembaga yang sudah ada. Unit ini nantinya akan mengatur wawasan kebangsaan yang sudah dijalankan oleh sejumlah lembaga tersebut.

‘Lembaga ini nantinya tak hanya tampil dipermukaan saja namun akan tampil secara sistematis dan terstruktur. Semacam menjadi kitche-nya atau sebagai dapur agar lembaga yang sudah ada tak overlapping. Kemudian untuk dilevery-nya akan melalui lembaga yang ada itu sendiri’ uajarnya.

Yudi Latif sendiri memberikan contoh yakni program sosialisasi empat pilar yang kini tengah rutin dilakukan. Program ini sendiri rutin dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dengan itu UKK-PIP sendiri nantinya juga akan menjalin kerjasama dengan MPR terkait hal tersebut.

‘Agar MPR nanti fokus terkait sosialisasi Pancasia di sejumlah kader politik sementara yang ada di Kemendagri. Kita nantinya akan lebih berkoordinasi untuk memastikan program terfokus dan akan kita bantu mengenai bahan-bahan ajarnya’ tutup Yudi.

Sementara itu diketahui sebelumnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKK-PIP). Yudi Ltif sendiri dipercaya dan sudah dilantik oleh Jokowi menjadi Kepala UKP Pancasila ini.

baca juga : Partai Gerindra Komentari Soal Kasus Persekusi!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY