Paling Laris, Tak Hanya Kalahkan Prabowo, Jokowi Juga Kalahkan Rating SBY!

0
3659
Jokowi
Copyright©sidomi

Paling Laris, Tak Hanya Kalahkan Prabowo, Jokowi Juga Kalahkan Rating SBY!

Indowarta.com– Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting ini telah melakukan survei top of mind jika pemilihan presiden akan dilaksanakan pada hari ini. Siapakah tokoh yang akan dipilih oleh masyarakat? Berdasarkan survei tersebut, hasilnya adalah sebanyak 34,1 persen responden spontan telah memilih Joko Widodo. Sedangkan pada urutan kedua ada Prabowo Subianto dengan perolehan sebanyak 17,2 persen.

Peneliti SMRC Djayadi Hanan di kantor SMRC, Cikini, Jakarta pada hari Kamis 8 Juni 2017 ini telah mengatakan “Perbedaan elektabilitas antara Jokowi dan Prabowo sekarang mirip dengan perbedaan elektabilitas SBY dengan Megawati pada 2007. Pada jarak waktu yang sama, 2 tahun menjelang pilpres 2009, perbedaan elektabilitas”.

WAJIB BACA :  Istana Negara Tepis Isu Reshuffle Kabinet!

SMRC sendiri juga telah membuat simulasi jika Jokowi head to head dengan Prabowo Subianto di dalam Pilpres 2019. Hasilnya adalah elektabilitas dari Jokowi mendapatkan suara sebesar 16,5 persen, sementaa itu elektabilitas dari Prabowo mendapatkan suara sebesar 37,2 persen dan yang tidak memberikan jawaban sebanyak 9,1 persen.

Jokowi
Copyright©sidomi

Djayadi mengatakan “Jarak antara keduanya sekitar 16,5 persen. Dari sisi pilihan presiden, politik Tanah Air relatif tidak mengalami perubahan pasca pilkada Jakarta”. Survei ini telah dilakukan secara nasional pada tanggal 14 Mei 2017 hingga tanggal 20 Mei 2017 dengan responden valid sebanyak 1.350 atau sebanyak 90 persen dari total sampai awal sebesar 1.500 rang. Adapun metode dan juga teknik multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

WAJIB BACA :  Presiden Jokowi Anulir Program Full Day School!

Selain itu SMRC juga telah menunjukkan bahwa sebanyak 58 persen responden ini merasa cukup puas dengan kinerja yang diberikan oleh Jokowi, 29 persen menyatakan sangat puas, 2 persen menjawab tidak puas dan 2 persen tidak tahu.

Djayadi mengatakan “Penilaian masyarakat atas kinerja Presiden Jokowi baik. Masyarakat nasional umumnya puas dengan kinerja presiden dan tidak mengalami perubahan sebelum dan sesudah pilkada DKI Jakarta”.

Responden juga ditanyakan mengenai keyakinan mereka atas kemampuan Jokowi di dalam memimpin. Sebanyak 57 persen masyarakat merasa yakin dengan kemampuan dari Jokowi untuk memimpin, 23 persen merasa kurang yakin, 11 persen menjawab sangat yakin, 2 persen menjawab tidak yakin dan  persen menjawab tidak tahu.

baca juga : 

Presiden Jokowi Akan Lantik Megawati dan Ma’ruf Amin dalam UKPPIP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here