Kemanakah Akhir Kasus Ahok Akan Bermuara?

0
543
Copyright ©Merdeka

Kemanakah Akhir Kasus Ahok Akan Bermuara?

Indowarta.com – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah dinyatakan terbukti bersalah menodai agama dan divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada sidang putusan 9 Mei 2017 lalu.

Putusan hakim itu didasari Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama. Vonis hakim tersebut lebih tinggi dari tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntut dengan Pasal 156 KUHP. Jaksa menuntut datu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Setelah vonis diputuskan hakim, jaksa mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Salah satu alasan pengajuan banding tersebut adalah putusan hakim yang dianggap tidak sesuai dengan tuntutan jaksa.

Namun saat pengadilan Tinggi DKI Jakarta telah menunjuk lima hakim untuk memeriksa dan mengadili kasus Ahok, jaksa memutuskan untuk mencabut banding. Jaksa mencabut banding lantaran mantan Bupati Belitung Timur itu telah menerima vonis hakim dan batal mengajukan banding.

Copyright ©Kompas

Diketahui, sebelumnya Ahok sempat berencana mengajukan banding. Namun rencana itu dibatalkan dan menerima vonis hakim. Anggota tim penasihat hukum Ahok,I Wayan Sudirta, mengatakan bahwa pencabutan banding oleh jaksa tak memberikan pengaruh signifikan terhadap Ahok.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara sendiri telah menerima berkas pencabutan banding dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. Selanjutnya PN Jakut akan memberitahukan pencabutan banding itu kepada tim penasihat hukum Basuki.

PN Jakut kemudian mengirimkan berkas pencabutan banding ke Pengadilan TInggi DKI Jakarta. Kepala Humas Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Johanes Suhadi memastikan kasus Ahok akan berkekuatan hukum tetap (inkracht) setalah hakim memproses permintaan pencabutan banding dari jaksa.

Setelah berkas pencabutan diterima PN Jakut, Kepala Pengadilan Tinggi DKI Jakarta akan menyerahkannya kepada majelis hakim yang memeriksa berkas perkara. Majelis hakim setelah itu akan mengeluarkan penetapan atas kasus penodaan agama tersebut. waktu yang dibutihkan untuk memproses pencabutan banding tidak akan lama setelah berkas diterima.

Sementara itu, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara beum memastikan tempoat Ahok ditahan saat kasus pendoaan agama yang menjeratnya itu berkekuatan hukum tetap. Saat ini Ahok menjalani masa tahanan di Rumah Tahanan Mako Brimob Depok.

Jika berdasarkan wilaah, terpidana kasus-kasus yang ditangani PN Jakut akan ditahan di LP Cipinang. Begitupun saat suami Veronica Tan ini divonis dua tahun penjara. Saat itu, ia langsung ditahan d Rutan Cipinang.

Baca Juga Surat Balasan Ahok Untuk Bocah 12 Tahun Ini Jadi Viral!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY