Tidur Telentang Berbahaya Bagi Ibu Hamil?

0
991
Copyright ©Hello Sehat

Tidur Telentang Berbahaya Bagi Ibu Hamil?

Indowarta.com – Berbicara soal tidur, pasti semua orang memunyai posisi tidur favorit, entah tidur miring maupun tidur telentang. Namun untuk ibu hamil, harus lebih memperhatikan posisi tidur yang baik untuk kesehatan.

Nah, apakah posisi tidur telentang merupakan salah satu posisi yang aman?

Sebenarnya meski tidur telentang cenderung aman dan tidak menimbulkan masalah yang serius pada kehamilan, namun kemungkinan besar setelah beberapa menit, ibu hamil justru akan terbangun dari tidurnya. Mengapa demikian?

Baca Juga Asupan Penting yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil dan Menyusui Ketika Putuskan Berpuasa Ramadhan!

Sebab posisi tidur seperti ini, akan membuat tidak nyaman ibu hamil terutama setelah melewati kehamilan di trimester pertama.

Tidur telentang pada ibu hamil rupanya dapat membuat usus dan pembuluh darah besar tertekan oleh beban Rahim yang berisi janin tersebut. Seiring perkembangan janin, kondisi ini akan semakin menjadi tidak nyaman akibat pengaruh semakin besarnya tekanan yang diberikan.

Copyright ©Hello Sehat

Tekanan tersebut dapat menyebabkan beberapa gangguan lho rupanya, diantaranya yakni gangguan pernapasan, sakit punggung, gangguan pencernaan, wasir, tekanan darah rendah, hingga menurunkan sirkulasi ke jantung dan bayi.

Apabila ibu hamil terbangun dari tidur telentang, tak perlu khawatir. Cukup ubah saja posisi tidur pada posisi yang terbaik, yakni miring ke arah kiri dengan menekuk lutut.

Baca Juga Meski Pahitnya Tak Tertahankan, Daun Pepaya Punya Khasiat Menkjubkan Lho!

Dengan posisi berbaring ke arah kiri, akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan janin. Selain itu, ibu hamil juga dapat menaruh bantal diantara kedua kakinya agar posisi tidurnya lebih nyaman.

Selain tidur telentang, ibu hamil juga perlu menghindari tidur tengkurap. Karena, bagian perut mengalami perubahan fisik yang membuat ibu hamil kesulitan tidur dengan tumpuan perut.

Ketahui Juga : Kepingin Punya Gigi Putih Sekaligus Kuat, Konsumsi Berbagai Makanan Ini jadi Solusinya!

Sebenarnya hal wajar jika ibu hamil mengalami kesulitan tidur selama kehamilannya. Penyebab utamanya yakni ukuran janin pada Rahim yang kian membesar sehingga sang ibu kesulitan menemukan posisis tidur yang nyaman.

Penyebab lain  yang menyebabkan ibu hamil mengalami kesulitan tidur yakni, kram pada kaki dan sakit punggung, sering buang air kecil, dan gangguan pencernaan.

Jadi sebaiknya perhatikan kembali posisi yang paling nyaman dan aman pada ibu hamil saat tidur. Selain itu tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran posisi tidur yang tepat.

Baca Juga: Sering Mengalami Gusi Berdarah Saat Hamil, Normal ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY