Gerbang Tol Salatiga dan Bawen Akan Gratis Selama Mudik dan Balik Lebaran 2017!

0
466
Gerbang Tol Salatiga
Copyright©kumpar

Gerbang Tol Salatiga dan Bawen Akan Gratis Selama Mudik dan Balik Lebaran 2017!

Indowarta.com– Jalan tol Seramang Solo seksi III yakni ruas tol Bawen – Salatiga ini telah dipasitikan berfungsi pada arus mudik lebaran tahun 2017 ini. Hal ini telah terungkap di dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka kesiapan Pengamanan Ramadhan  Idul Fitri 1438 H yang telah digelar di Ruang Dharma Satya Kantor Setda Kabupaten Semarang pada hari Rabu 31 Mei 2017 siang hari.

baca juga : Catet Ya. .Tiket Mudik Kereta Api Kelas Ekonomi Rasa Eksekutif Akan Dijual 14 Juni!

Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ) Fauzi Abdurrahman telah menyebutkan bahwa ruas tol sepanjang 17,5 kilometer ini akan dibuka pada H-7 lebaran nanti. Fauzi mengatakan “Karena masih bersifat fungsional, kendaraan yang melintas hanya cukup membayar tarif tol dari Semarang ke Bawen saja. Selebihnya dari ruas Bawen ke Salatiga gratis”.

Berkaca kepada kejadian Brebes Exit (Brexit) pada lebaran tahun lalu, PT. TMJ ini telah mengambil langkah antisipatif guna menghindari kemacetan panjang di Exit Toll Tingkir (Tingxit). Antara lain adalah dengan memberlakukannya sistem buka tutup berdasarkan dari panjang antrean di pintu tol Tingkir.

Gerbang Tol Salatiga
Copyright©detik

Fauzi menjelaskan “Jadi panjang antrean berapa kami sudah ada standard operational procedure (SOP). Kami ada rekayasa lalu lintas. Jadi kalau sudah sampai kilometer 52 kami alihkan ke (exit) Bawen”. Begitu pula dengan pengalihan ke luar Bawean terjadi antrean hingga satu kilometer, maka akan dilakukan pengalihan ke pintu keluar Unggaran. Fauzi mengatakan “Itu SOP-nya sudah kami sampaikan dalam rakor lintas sektoral tadi”.

baca juga : Inilah Cek Persayaratan dan Tujuan Mudik Gratis Bersama dengan Kemenhub!

Sementara itu dari jajaran Satantas Polres Semarang ini telah menyiapkan langkah yang antisipatif dengan pemberlakuan satu arah di ujung tol Tingkir. Kasatlantas Polres Semarang AKP Dwi Nugroho telah mengatakan bahwa langkah antisipatif di gerbang tol Tingkir Salatiga ini akan menyusul di persilagnan ujung tol dengan jalan reguler mengalami penyempatan yang berpotensi menimbulkan kemacetan panjang.

Dwi mengatakan “Kami tidak perlu lagi menunggu sampai empat atau lima kilometer, jadi tidak mengambil risiko. Terlalu mengambil risiko ketika jalan baru terutama yang ada di Tingkir. Kami tahu di pintu keluarnya sampai sepuluh meter, tapi kami sudah keluar menjadi enam meter”.

baca juga :

Catet Ya. .Tiket Mudik Kereta Api Kelas Ekonomi Rasa Eksekutif Akan Dijual 14 Juni!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY