Lapas Penahanan Ahok Masih Belum Diputuskan!

0
373
Copyright ©Merdeka

Lapas Penahanan Ahok Masih Belum Diputuskan!

Indowarta.com – Usai jaksa penuntut umum mencabut memori bandingnya, Kejaksaan akan memindahkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke lembaga pemasyarakatan (LP).

Namun menurut Jaksa Agung M Prasetyo, pihaknya belum memutuskan LP yang akan dijadikan sebagai tempat penahanan Basuki. Prasetyo mengatakan, “Nanti kami akan putuskan di Salemba atau Cipinang”.

Sementara itu, terkait dengan permintaan dari pengacara mantan Bupati Belitung Timur tersebut yang merasa tidak aman jika kliennya ditempatkan di Lapas Cipinang, dia mengaku akan mempertimbangkan hal tersebut.

Kalau di Lapas Cipinang merasa tidak aman, juga tidak akan dipaksakan, karena jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan nanti juga akan banyak pihak yang bertanggung jawab. Namun Prasetyo menegaskan tidak ada perlakuan istimewa untuk setiap pihaknya melaksanakan putusan pengadilan.

Ahok
Copyright©wartakota

Terlebih lagi, Dirjen Lapas Kemenkumham lah yang memiliki wewenang atas penempatan penahanan Ahok. Kejaksaan Agung hanya sebagai eksekutor dan hanya menunggu salinan putusan dari pengadilan.

Prasetyo mengatakan, pencabutan banding perkara Ahok itu dilihat dari unsur kemanfaatan karena hukum itu bukan soal keadilan saja namun juga soal kemanfaatan.

Seperti yang telah diketahui, suami Veronica Tan ini telah dinyatakan terbukti bersalah menodai agama dan divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada sidang putusan 9 Mei 2017 lalu.

Putusan hakim itu didasari Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama. Vonis yang diberikan oleh hakim itu lebih tinggi dari tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntut dengan Pasal 156 KUHP. Jaksa menuntut satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Setelah vonis diputuskan hakim, jaksa mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Salah satu alasan pengajuan banding tersebut yakni putusan hakim yang dianggap tidak sesuai dengan tuntutan jaksa.

Namun belakangan, jaksa memutuskan untuk mencabut banding lantaran ayah tiga anak ini telah menerima vonis hakim dan batal mengajukan banding. Seperti yang diketahui, sebelumnya Ahok sempat berencana mengajukan banding. Namun rencana itu dibatalkan karena ia telah menerima vonis hakim.

Sembari menanti putusan tempat penahanannya, untuk saat ini Ahok menjalani masa tahanan di Rumah Tahanan Mako Brimob Depok. Namun berdasarkan wilayah, terpidana kasus-kasus yang ditangani PN Jakut akan ditahan di LP Cipinang.

Baca Juga Mendagri Akan Menyerahkan Surat Ahok Ke Djarot dan Mensesneg!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here