Berita Hari Ini : Banjir Bandang Sambangi Jambi. 1 Orang Masih Dalam Pencarian !

0
2313
Banjir

Berita Hari Ini : Banjir Bandang Sambangi Jambi. 1 Orang Masih Dalam Pencarian !

indowarta.comBanjir bandang melanda di beberapa kecamatan di dua kabupaten Provinsi Jambi. Banjir ini disebabkan karena hujan lebat yang mengguyur beberapa hari terakhir. Ratusan rumah terendam dan ada yang hanyut, sementara itu satu orang masih dalam proses pencarian.

Data sementara melaporkan bahwa terdapat tiga rumah di Kabupaten Sarolangun dan 14 rumah di Kabupaten Merangin hanyut terbawa banjir bandang ini. Juga dilaporkan bahwa satu orang warga hilang terbawa arus banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Arif Munandar menyebutkan bahwa banjir terjadi di tiga kecamatan di Kabupaten Sarolangun. Di Kecamatan Batang Asai, banjir melanda di beberapa desa yaitu Desa RAden, Pekan Gedang, Paniban, Rantau Panjang, dan juga desa TAngkuik. Untuk sementara di Kecamatan ini, dilaporkan terdapat 51 rumah terendam air hingga ke atap.

Banjir

Kemudian satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kecamatan Batang Asai juga mengalami kerusakan. Pemabangkit listrik tersebut rusak total sehingga sudah tidka digunakan lagi. PLTMH ini merupakan satu-satunya sumber energi listrik di sejumlah desa di Kecamatan Batang Asai.

Selain itu di Kecamatan Limun terdapat tujuh desa yang dilanda banjir. Tujuh desa tersebut adalah Desa Lubuk Bedorong, Muataman Sauh, Monti, Panca Karya, Temenggung, pulau Pandan dan Mengkeday. Sementara itu di Kecamatan Pauh terdapat 85 rumah yang berada di Desa Sepintun danĀ  45 rumah warga di Desa Segatal terendam air banjir.

Tidak hanya itu, banjir bandan juga melanda di sejumlah kecamatan di kabupaten Merangin. Namun hingga saat ini data rumah yang hanyut dan terendam masih belum bisa dipastikan. Salah satu orang yang dalam proses pencarian adalah kakek berusia 70 tajun warga Desa Muara Langeh, kecamatan tabir barat.

Sementara itu Gubernur Jambi Zumbi Zola menanggapi banjir tersebut. Zumi menilai bahwa salah satu penyebabnya terjadi banjir adalah aktivitas penambangan emas tanpa izin sesuai perturan yangberlaku.

baca juga :

Berita Hari Ini : Mengintip Keadaan 9000 Warga Bekasi Yang Jadi Korban Banjir !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here