Gempa 6.3 SR Guncang Sukabumi, Getaran Terasa Hingga Jakarta dan Sekitarnya!

0
256
gempa
Copyright©SINDOnews

Gempa 6.3 SR Guncang Sukabumi, Getaran Terasa Hingga Jakarta dan Sekitarnya!

Indowarta.com – Gempa bumi mengguncang Kota Sukabumi, Jawa Barat pada hari ini Senin 12 Juni 2017. Gempa Sukabumi ini berkekuatan 6,3 skala richter (SR) dan getaran mulai dirasakan oleh warga Kota Sukabumi sekitar pukul 06.15 WIB.

Gempa Sukabumi ini juga diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya. Gempa ini terjadi di lokasi 179 kimometer Barat Daya Kota Sukabumi dan gempa berpusat di kedalaman 10 kilometer.

Getaran bukan hanya dirasakan oleh Kota Sukabumi saja namun gempa ini juga terasa  hingga ke wilayah Jakarta dan sekitarnya. Wilayah yanag juga merasakan getaran gempa ini yakni seperti Tangerang dan Depok.

Menurut informasi yang diperoleh selama sekian detik gempa dirasakan oleh warga di wilayah Tangerng Selatan. Seperti yang dikatakan oleh Deta yang merupakan salah seorang warga Jagaraksa, Jakarta Selatan. ‘Saya lagi nontoln televisi, tiba-tiba goyang seperti ada gempa bumi’ ujarnya.

Gempa
Copyright©impediapc

Kemudian Gempa Sukabumi ini juga dirasakan oleh Ria warga Tanjung Pura yang merasakan hala serupa dengan Deta. Perempuan yang juga seorang pegawai PPATK ini turut merasakan getaran saat dirinya tengah berangkat ke kantor di Jalan Juanda, Jakarta.

Wilayah Depok juga ikut merasakan getaran yanag diakibatkan oleh gempa bumi di Sukabumi. Beberapa warga Depok kaget saat merasakan getaran akibat gempa yang diperkirakan berlangsung selama 30 detik.

Seperti penjelasan dari salah satu warga perumahan Persada Depok, Depok, Jawa Barat. Wanita bernama Lestari ini mengaku jika dirinya kaget karena merasakan getaran yang diakibatkan oleh gempa. ‘Saya  lagi duduk sembil membuka HP. Setelah terasa getaran saya langsung keluar rumah. Tapi diluar kok biasa dan saya pikir saat itu pusing saya kumat’ ujarnya.

Lebih detailnya pusat Gempa Sukabumi ini terleta di 8,36 Lintang Selatan (LS) dan 106,18 Bujur Timur (BT). Sedangkan jarak antar kota gempa ini yakni 179 kilometer dari Kota Sukabumi, 187 kilometer dari barat daya Kabupaten Sukabumi, 199 kilometer barat daya lebak (Banten), 226 kilometer barat daya Bandung dan 253 kilometer barat daya Jakarta. Hingga kini belum diketahui dengan pasti mengenai kerusakan yang ditimbulkan gempa ini.

baca juga : Berita Terkini: Gempa Bumi Di Blitar dan Guncang Morowali yang Bikin Heboh Warga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here