Sudah Lengkap, Berkas Habib Rizieq Shihab Tentang Kasus Pancasila Dikembalikan ke Kejati!

0
437
Rizieq Shihab
Copyrigth©Tribunnews

Sudah Lengkap, Berkas Habib Rizieq Shihab Tentang Kasus Pancasila Dikembalikan ke Kejati!

Indowarta.com – Polda Jabar memastikan kasus penodaan lambang negara dan nama baik yang menjerat pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dapat segera dilakukan proses hukum. Hal ini lantaran berkas perkara sudah dilengkapi dan selanjutnya akan diserahkan kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Kapolda Jawa barat Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, berkas P19 dan P16 terkait kasus penodaan lambang negara yang dilakukan oleh Rizieq Shihab juga sudah keluar. Maka dari itu, ia berharap agar kasus tersebut segera di proses sesuai dengan ketentuan hukum.

Meski saat ini Rizieq masih berada di Arab Saudi, namun itu tidak akan menjadi kendala untuk tetap melanjutkan proses hukum. Bahkan Polda Jawa Barat akan terus berkoordinasi dengan Interpol dan Juga Kementerian Luar Negeri.

Sebagai informasi, Habib Rizieq Shihab dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri dengan dugaan penodaan pancasila melalui tesisnya yang bertajuk ‘Pengaruh Pancasila Terhadap Syariat Islam’.

Rizieq Shihab
Copyrigth©okezone

Sukmawati menuding imam besar FPI tersebut telah melakukan penodaan terhadap lambang dan dasar negara Pancasila, serta telah menghina kehormatan martabat Dr Ir Soekarno sebagai Proklamator kemerdekaan Indonesia dan Presiden pertama Republik Indonesia.

Sukmawati kemudian melaporkan perbuatan Rizieq tersebut di Barskrim Polri di Gedung KKP, Jakarta Pusat, pada Kamis 27 Oktober 2016. Laporan tersebut berdasarkan video dakwah Habib Rizieq Shihab di Gasibu pada tahun 2011 silam yang berdurasi singkat.

Sukmawati mengatakan baru melaporkan hal itu lantaran ia sendiri baru mengetahui adanya video itu pada Juni 2016.

Laporan resmi itu bernomor LP/1077/X/2016/Bareskrim. Pasal yang dituduhkan untuk Rizieq adalah tindak pidana penodaan terhadap lambang dan dasar negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 154a dan Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 57a jo Pasal 68 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu kebangsaan.

Tak hanya terjerat kasus penodaan lambang negara saja, saat ini Habib Rizieq Shihab juga dijadikan terangka dalam kasus chat hot yang diduga melibatkan dirinya dengan seorang wanita yang diduga kuat merupakan Firza Husein.

Namun sayangnya, hingga saat ini ia masih berada di Arab Saudi dan belum diketahui kapan akan kembali ke Tanah Air.

Baca Juga Visa Kunjungan Habib Rizieq Shihab ‘Unlimited’?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here