BMKG: Gempa Sukabumi yang Terasa Hingga di Bogor Tak Berpotensi Tsunami!

0
484
Gempa Sukabumi
Copyright©poskupang

BMKG: Gempa Sukabumi yang Terasa Hingga di Bogor Tak Berpotensi Tsunami!

Indowarta.com – Pagi tadi tepatnya Senin, 12 Juni 2017 sekitar pukul 06.30 WIB terjadi gempa bumi di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat. Gempa Sukabumi ini dirasakan oleh beberapa wilayah disekitarnya yakni mulai dari Tangerang Selatan, Depok hingga Bogor.

Salah satu warga Bogor, Jawa Barat bernama Isnurul Naeni juga mengungkapakan jika dirinya merasakan getaran akibat Gempa Sukabumi ini. ‘Terjadi gempa barusan seperti diayun-ayun dan perabotan dirumah bergoyang akibat gempa. Tak sampai semenit lalu berhenti’ ujarnya saat ditemui di Ciluar, Desa Pasirlaja, Bogor pada Senin pagi.

Nurul mengungkapkan jika akibat gempa ini menyebabkan sejumlah kerusakan. Mengenai gempa ini juga langsung diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya.

BMKG menginformasikan waktu gempa tercatat pukul 06:15:07 WIB. Lokasi pusat terjdnya gempa ini terletak pada 8,36 Lintang Selatan (LS) dan 106,18 Bujur Timur (BT) dengan kedalam gempa 10 kilometer dibawah permukaan laut.

Gempa 10 Februari
Copyrihgt©Global – Liputan6.com

Gempa Sukabumi ini dijelaskan langsung oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko. Dia menuturkan jika gempa dengan kekuatan 6,3 skala richter (SR) ini dipastikan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Wilayah yang paling dekat dengabn terjadinya gempa ini yakni Kota dan Kabupaten Sukabumi yang maisng-masing berjarak 179 kilometer dan 187 kilometer. Sedangkan gempa ini juga dirasakan oleh wilayah Jakarta dan sekitarnya.

‘Gempa ini terjadi di dekat Kota dan Kabupaten Sukabumi. Wilayah lain yang merasakan getaran yakni Sawangan, Depok, Bekasi, Pelabuhan Ratu, Bogor, Banjar, Pangalengan hingga Lebak, Banten’ ujar Hary.

Lebih lanjut menegnai jarak kota selain di Sukabumi yakni 199 kilometer barat daya lebak, Banten. Kemudian 226 kilometer barat daya Bandung dan 253 kilometer barat daya Jakarta. Kota-kota tersebut merasakan getaran yang disebabkan oleh gemap bumi ini.

Belum diketahui dengan pasti apa mengenai dampak dari Gempa Sukabumi ini untuk wilayah yang ikut merasakan getarannya. Belum ada konfirmasi resmi mengenai kerusakan ataupun korban dari peristiwa gempa bumi ini.

Sedangkan menurut keterangan sejumlah warga yang merasakan gempa mengatakan jika getaran berlangsung cukup lama. Salah satu warga bernama Dila mengatakan saat terjadi gempa dia sedang berada dirumah dan benda-benda disekitar rumahnya bergetar. Dia mengatakan jika gempa ini tidak menyebabkan kerusakan dalam rumahnya maupun rumah warga lainnya.

baca juga : Gempa 6.3 SR Guncang Sukabumi, Getaran Terasa Hingga Jakarta dan Sekitarnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here