Resmi Jadi Narapidana, Ahok Berhak Lakukan Hal Ini!

0
669
Copyright ©Merdeka

Resmi Jadi Narapidana, Ahok Berhak Lakukan Hal Ini!

Indowarta.com – Menurut pengamat hukum dan pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar mengatakan, sejak jaksa penuntut umum yang menangani kasus penodaan agama mencabut bandingnya, status Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok secara otomatis menjadi narapidana.

Itu artinya, semestinya mantan Bupati Belitung Timur itu ditempatkan di lembaga permasyarakatan (LP). Fickar mengatakan, dengan perubahan status tersebut Ahok juga mendapatkan hak-hak seperti narapidana pada umumnya.

Salah satu yang bisa diperolehnya yakni remisi (pengurangan masa tahanan). Tak hanya itu, mantan rival Anies Baswedan dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu itu juga berhak mengajukan upaya hukum luar biasa peninjauan kembali (PK) dan meminta grasi kepada Presiden.

WAJIB BACA :  Saipul Jamil Dapatkan Remisi, Ahok Kok Tidak?

Seperti yang telah diketahui, jaksa penuntut umum dalam kasus penodaan agama yang dilakukan oleh Ahok sermi mencabut banding atas putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Ahok
Copyright©detik

Pencabutan banding tersebut dilakukan setelah sebelumnya kubu Ahok terlebih dahulu mencabut permohonan banding atas vonis dua tahun penjara tersebut.

Jadi setelah kubu jaksa dan kubu Ahok resmi mencabut banding, maka secara otomatis suami Veronica Tan ini menjadi narapidana dan penahannya harus dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan. Namun, hingga kini, ia masih ditahan di Mako Brimob, Depok.

Namun hingga kini, menurut Jaksa Agung M Prasetyo, pihaknya belum memutuskan lembaga pemasyarakatan mana yang akan dijadikan sebagai tempat penahanan Ahok.

Menurut keteragan teguh Samudra selaku pengacara Basuki Tjahaja Purnama, bahwa kleinnya tersebut tidak mempermasalahkan jika harus dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan. Menurut Ahok ditahan dimanapun sama saja, ia akan menghormati apa yang telah menjadi kebijakan Dirjen Lapas nantinya.

WAJIB BACA :  Saipul Jamil Dapatkan Remisi, Ahok Kok Tidak?

Meski Basuki tahu bahwa dirinya akan dipindahkan, namun hal itu tidak membuatnya kecewa. dicabutnya banding oleh pihak Ahok dan jaksa Agung menunjukkan putusan hukum tersebut kini berkekuatan hukum tetap (inkcracth). Hingga kini belum diketahui akan dipindah ke lapas mana Ahok nantinya.

Sembari menanti putusan tempat penahanannya, untuk saat ini Ahok menjalani masa tahanan di Rumah Tahanan Mako Brimob Depok. Namun berdasarkan wilayah, terpidana kasus-kasus yang ditangani PN Jakut akan ditahan di LP Cipinang.

Baca Juga Ahok Tak Setuju Dirinya Dipindah ke Lapas Cipinang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here