Berita Terkini : Tekni Di SNPTN Tak Akan Pengaruhi Hasil Tes SBMPTN !

0
1984
SBMPTN

Berita Terkini : Tekni Di SNPTN Tak Akan Pengaruhi Hasil Tes SBMPTN !

indowarta.com– Proses pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sudah dibuka sejak tanggal 25 April kemarin. Namun masih banyak siswa calon SBMPTN yang merasa kebingungan karena mereka masih tercatat sebagai peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Salah satu karyawan swasta di Jakarta, Evi Yulianti mengungkapkan apa yang menjadi kebingungan yang dialami oleh adik sepupunya. Saat ini adik sepupunya masih menunggu pengumuman hasil SNMPTN pada 10 Mei nanti.

Yang membuat adik kenponakannya bingung ketika ingin mendaftar sebagai pesert SMBPPTN adalah apakah keikutsertaan adiknya di SNMPTN akan gugur ketika daftar SBMPTN? Guru sekolah adik keponakan Evi sendiri juga masih bingung.

Di laman call center SBMPTN sendiri memberikan keterangan bahwa proses SBMPTN dan SNMPTN adalah proses seleksi yang berbeda sehinggi tidak ada pengaruhnya jika peserta SNMPTN mendaftar SBMPTN.

SBMPTN

Catatan, jika siswa dinyatakan diterim di SNMPTN kemudian tidak melakukan her registrasi dan verifikasi nilai di universitas dimana dia diterima maka status penerimaannya di SNMPTN menjadi gugur. Pelaksanaan her registrasi dan verifikasi nilai tersebut dilakukan bersamaan dengan ujian CBT dan PBT SBMPTN karena tidak dimungkinkan dalam satu waktu siswa ada di tempat yang sama.

Rochmat Wahab yang merupakan Ketua Panitia SBMPTN 2016 juga membenarkan hal tersebut. Jadi siswa bisa mendaftar SBMPTN sambil menunggu pengumuman dari SNMPTN.

Rochmat juga menegaskan bahwa gugurnya status peserta SNMPTN bisa terjadi pada saat proses verifikasi dan siswa tersebut tidak segera mendaftar ulang di kampus penerima. Namun sebaliknya, apabila siswa lebih memilih untuk melakukan verifikasi, maka status sebagai peserta SBMPTN akan gugur.

Dikarenakan waktu verifikasi dan ujiannya peserta SBMPTN bersamaan pada tanggal 31 Mei 2016, siswa harus memilih salah satu saja. Persyaratan untuk mendaftar SBMPTN sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Untuk siswa lulusan tahun 2014 dan tahun 2015 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Untuk siswa lulusan tahun 2016 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

baca juga :

Berita Hari Ini : Tak Lolos SNMPTN, Kenapa Tak Diimbau Ikut SBMPTN Oleh Sekolah ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here