Kenali Lebih Dekat Apa Itu Leukimia, Jenis Kanker yang Diderita Suami Ririn Ekawati!

0
2103
Copyright ©Instagram/ririnekawati

Kenali Lebih Dekat Apa Itu Leukimia, Jenis Kanker yang Diderita Suami Ririn Ekawati!

Indowarta.com – Kabar duka tah hanya datang dari keluarga Julia Perez, namun pesinetron Ririn Ekawati juga tengah dirundung duka lantaran ditinggal oleh orang terkasih. Suami Ririn, Fery Wijaya, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (11/6) dini hari di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Menurut keterangan dari sang paman, kepergian keponakannya itu sangat mendadak. Kondisi Fery tiba-tiba drop sepulang dari berlibur di Puncak. Memang belum jlas apa yang menyebabkan Fery meninggal, namun belum lama ini dia diagnose Leukimia.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Leukimia?

Leukimia merupakan kanker darah yang umumnya terbagi menjadi dua macam, yakni acute myelogenous leukimia (AML) dan acute lymphocytic leukimia (ALL).

Copyright ©Disehat

Ini merupakan kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang. Paa kondisi normal, sel darah putih akan berkembang secara teratur disaat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi nyang muncul.

Namun bagi pengidap kanker darah, sumsum tulang belakang akan meproduksi sel-sel darah putih yang abnormal dan tidak dapat berfungsi dengan baik. jumlah yang brlebihan itu lah yang mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang. Sehingga sel-sel darah sehat akan berkurang.

Menurut keterangan dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan hematologi onkologi medic, dr Lugyanti Sukrisman, SpPD, leukimia jenis AML lebih banyak menimpa pasien usia dewasa. Sedangkan ALL lebih banyak menimpa anak-anak, meski tak menutup kemungkinan leukimia jenis ini juga dapat menimpa orang dewasa.

Baca Juga Dua Cara Ampuh Terhindar Dari Penyakit Kanker Serviks yang Sempat Diderita Julia Perez!

Selain itu, AML lebih banyak menimpa pasien laki-laki dibanding wanita.  Menurut data RSCM, kasus leukimia AML di Indonesia lebih banyak menimpa individu usai produktif, 30-59 tahun. Berbeda di luar negeri, AML cenderung dialami oelh individu usai 60 tahun ke atas.

Itu artinya, pasien kanker darah di Indonesia memiliki harapan untuk hidup lebih besar njika kanker dapat ditangani sejak dini dan mendapatkan perawatan yang baik.

Hingga kini sebagian besar penyebab leukimia tidak diketahui secara pasti. Pada sebagian besarpasien baik AML maupun ALL, faktor genetik turut berperan. Begitu juga degan paparan kimia seperti radiasi ion, merokok, dan zat benzein. Namun sebagian besar pasien AML tidak diketahui penyebabnya secara pasti.

Dikatakan, bahwa pasien leukimia dapat sembuh total, kecuali pasien leukimia kronik. Pengobatannya hanya dengan obat kemoterapi yang terdiri dari 3 fase, induksi, konsolidasi dan transplantasi.

Sementara untuk pasien leukimia kronik, biasanya dapat mencapai kesembuhan melalui transplantasi sumsum tulang belakang maupun pemberian obat imatinib.

Baca Juga Setelah Berjuang Melawan Kanker Payudara, Yana Zein Akhirnya Meninggal Dunia!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY