Inilah Gejala Kanker Serviks yang Renggut Nyawa Julia Perez!

0
1201
Copyright ©Ist

Inilah Gejala Kanker Serviks yang Renggut Nyawa Julia Perez!

Indowarta.com – Setelah berjuang melawan penyakit kanker serviks yang dideritanya sejak tahun 2014 lalu, artis sekaligus penyanyi dangdut Julia Perez, menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu, 10 Juni 2017 pukul 11.12 WIB.

Sebelumnya wanita yang akrab disapa Jupe ini telah mendapatkan perawatan intensif selama lebih dari tiga bulan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Perjuangan pelantun Aku Rapopo itu pun mengingatkan akan pentingnya melakukan pencegahan sejak dini. Namun sayangnya, pada tahap awal, gejala kanker serviks tidak terlihat. Namun, beberapa tanda bisanya muncul setelah pasien menderita kanker serviks.

Baca Juga Setelah Berjuang Melawan Kanker Payudara, Yana Zein Akhirnya Meninggal Dunia!

Menurut keterangan Ketua Himpunan Ongkologi Ginekologi Indonesia, Prof Dr. dr. Andrijono, Sp. OG (K), tanda atau gejala kanker serviks  biasanya berdarah saat berhubungan s*ksual dan keputihan yang tak kunjung sembuh.

Julia Perez
Copyright ©Instagram

Umumnya keputihan yang dialami oleh pasien kanker serviks berbeda dari wanita lainnya. Pasalnya, kondisi ini keputihan akan mengeluarkan bau yang tidak sedap serta berwarna kuning kehijauan disertai rasa gatal dalam waktu yang lama.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka disarankan untuk segera melakukan skrining. Gejala kanker serviks yang lain yakni setiap melakukan ‘hubungan’, terjadi perubahan siklus menstruasi tanpa penyebab.

Simak Nih: Mencegah Kanker Serviks dengan Vaksin Ini!

Sementara pada stadium lanjut, muncul tanda seperti bermasalah saat buang air kecil lantaran terjadi penyumbatan pada ginjal, terdapat darah pada urine, penurunan berat badan akbibat kehilangan selera makan dan pembengkakan pada kaki.

Selain itu, pasien kanker serviks pada tahap ini juga merasakan sakit pada panggul dan perut bagian bawah, nyeri pada punggung atau pinggang lantaran pembengkakan ginjal.

Baca Juga Berita Terkini: Kenapa Semua Perokok Tak Terkena Kanker Paru ?

Seperti yang diketahui, kanker serviks atau kanker mulut Rahim memang tidak memiliki gejala yang khas. Gejala kanker serviks baru akan terasa dalam proses beberapa tahun kemudian atau saat penderita sudah stadium lanjut. Penyakit ini rupanya disebabkan oleh virus HPV, untuk itulah sangat penting bagi Anda untuk mengenali penyebab wanita berpotensi tinggi terkena kanker serviks berikut ini.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencegah kanker serviks, cara terbaik yakni dengan menjaga perilaku s*ks secara sehat dan aktif memeriksa diri. Selain itu juga penting dilakukan vaksinasi anti kanker serviks. Cara pencegahan kanker ini salah satunya dengan melakukan uji skrining IVA atau Pap Smear.

Baca Juga: Dua Cara Ampuh Terhindar Dari Penyakit Kanker Serviks yang Sempat Diderita Julia Perez!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here