Berita Terkini: Sidang Perdana Buni Yani Digelar Hari Ini!

0
1055
Buni Yani
Copyright©Kompas

Sidang Perdana Buni Yani Digelar Hari Ini!

Indowarta.com – Sidang perdana kasus ujaran kebencian dengan tersangka Buni Yani akan digelar di Pengadilan Negeri Bandung hari ini, Selasa 13 Juni 2017. Sidang tersebut dijadwalkan akan dimulai pukul 09.00 WIB. Hal tersebut disampaikan oleh pengacara Buni, Aldwin Rahadian, Senin (12/6).

Aldwin mengatakan, bahwa pihaknya telah siap menghadapi dakwaan yang bakal dibacakan oleh jaksa penuntut umum (JPU) pada sidang perdana ini.

Hingga saat ini, pihaknya tetap yakin bahwa kliennya itu tidak bersalah. Menurutnya, unggahan Buni tersebut merupakan bentuk kritikan atas Basuki Tajahaja Purnama atau Ahok terkait dengan pidatonya di Pulau Seribu yang menyangkut soal Surat Al Maidah ayat 51.

Baca Juga Berita Terkini: Usai Ahok Divonis 2 Tahun, Kini Giliran Buni Yani Segera Diadili di Bandung!

Apalagi kini Ahol telah divonis bersalah terkait dengan kasus penodaan agama. Aldwin mengatakan, seharusnya kliennya tersebit lepas dari segala tuntutan. Namun sebagai warga negara yang taat hukum, maka pihaknya akan mengikuti proses peradilannya.

Copyright ©Okezone

Sementara itu, pertimbangan sidang dilaksanakan di Bandung lantaran adanya pertimbangan kondusifitas. Hal itu dikatakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri depok, Sufari.

Diketahui, Buni Yani merupakan salah satu pengunggah video pidato mantan Bupati Belitung Timur yang saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta soal Surat Al Maidah ayat 51 saat berkunjung ke Kepulauan Seribu. Dalam kasus ini, polisi tak mempermasalahkan konten video yang diunggah.

Melainkan caption atau deskripsi yang ditulis oleh Buni di akun Facebook pribadinya yang dianggap melanggar Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Baca Juga Buni Yani Akan Jalani Sidang di Pengadilan Negeri Bandung!

Dalam postingan itu, Buni menyertakan keterangan yang dituding kontroversial dan memicu kemarahan masyarakat. Sebelumnya, Buni Yani sempat menggugat praperadilan, namun hal itu ditolak oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Rencananya sidang perdana Buni ini akan dikawal oleh Aliansi Pergerakan Islam (API), Jawa Barat. Ribuan massa akan dikerahkan untuk mendukung Buni dibebaskan dari jeratan hukum.

Menurut Ketua Api Jabar, Asep Syaripudin, aksi yang digelar tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Buni. Api Jabar akan menyuarakan penghentian persidangan kasus Buni.

Menurutnya, Buni Yani tidak melakukan kesalahan seperti apa yang telah ditudingkan dalam kasus yang kini menjeratnya.

Baca Juga Kuasa Hukum Minta Komisi Yudisial Pantau Sidang Buni Yani!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here